get app
inews
Aa Read Next : Heboh Kapolsek Diduga Hamili Gadis Yatim Piatu, Kabur Tak Mau Tanggung Jawab

Kapolsek Kaya Raya Punya Harta Rp11,4 Miliar, Lampaui Kekayaan Kapolri

Kamis, 20 Oktober 2022 | 14:31 WIB
header img
Harta kekayaan Kapolsek Siantar Martba AKP Manaek S Ritonga melampaui harta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kapolsek Siantar Martoba, Sumatera Utara, AKP Manaek S Ritonga mungkin menjadi kapolsek terkaya di Indonesia. Bagaimana tidak, hartanya mencapai Rp11,4 miliar.

Jumlah harta kapolsek tersebut bahkan melampaui kekayaan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang hanya mencapai Rp8,21 miliar. Harta kekayaan AKP Manaek naik signifikan dibandingkan laporan tahun sebelumnya yang hanya Rp134,8 juta.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) KPK, mayoritas harta kekayaan AKP Manaek berupa tanah. Salah satunya seluas 1.000.000 meter persegi di Simalungun Sumatera Utara yang berasal dari hasil sendiri senilai Rp8 miliar. 

AKP Manaek juga memiliki tanah seluas 582 M2 di Pematang Siantar hasil sendiri Rp1,164 miliar; serta tanah dan bangunan di Pematang Siantar senilai Rp2 miliar. Jika ditotal, aset tanah dan bangunan Manaek mencapai Rp11,164 miliar. 

LHKPN yang dilaporkan untuk periodik 2021 pada 10 Maret 2022, Manaek juga memiliki dua unit motor Honda Automatic dan Yamaha Solo yang merupakan hasil sendiri. 

Ia juga tercatat memiliki mobil Mitsubishi Dobel Cabin hasil sendiri. Jika dijumlahkan, total aset kendaraan Manaek senilai Rp187 juta. Selain itu, Manaek juga memiliki kas setara kas Rp113 juta dan tidak memiliki utang. 

Pada LHKPN tahun sebelumnya, diketahui Manaek melaporkan harta kekayaannya hanya senilai Rp134.800.000 (Rp134,8 juta). Dalam laporannya tersebut, Manaek tidak mencantumkan aset tanah dan bangunan yang nilainya sangat signifikan. Ia hanya melaporkan satu unit motor serta kas dan setara kas. 

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Fantastis, Harta Kapolsek Siantar Martoba Rp11,4 Miliar)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut