get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat dan Inggris Bantu Israel Keroyok Hamas, Kirim Kapal Perang dan Jet Tempur

Liz Truss Mundur, Jadi Perdana Menteri Inggris dengan Jabatan Tersingkat

Kamis, 20 Oktober 2022 | 20:56 WIB
header img
Perdana Menteri Inggris Liz Truss mundur dari jabatannya. (foto: reuters)

LONDON, iNewsKutai.id - Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss akhirnya memutuskan mundur dari jabatannya, Kamis (20/10/2022). Padahal, Truzz baru menjabat sebagai PM Inggris selama enam pekan. Hal ini menempatkannya sebagai PM dengan jabatan tersingkat.

Pengunduran diri itu merupakan buntut dari gelombang desakan agar Truss mundur dari posisi perdana menteri. 

"Saya tidak dapat menyelesaikan mandat di mana saya dipilih Partai Konservatif. Karena itu saya telah berbicara dengan Yang Mulia Raja untuk memberi tahu dia bahwa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif,” katanya, seperti dikutip Reuters. 

Posisi Liz Truss sebagai PM sejak awal memang penuh gejolak yang ditandai dengan kegagalan fiskal. Hal itu tak lepas dari proposalnya untuk memotong pajak pada perusahaan dan orang kaya, yang menyebabkan pasar keuangan lesu selama berminggu-minggu. 

Dia sempat menyatakan akan tetap bertahan sebagai pejuang tangguh. Namun, tekadnya runtuh setelah menteri seniornya mengundurkan diri dan pemungutan suara House of Commons menjadi kacau ketika anggota partai memintanya untuk mundur.

“Pagi ini saya bertemu dengan ketua Komite 1922, Sir Graham Brady. Kami telah sepakat bahwa akan ada pemilihan PM yang akan diselesaikan dalam minggu depan. Ini akan memastikan bahwa kami tetap berada di jalur untuk mewujudkan rencana fiskal kami dan menjaga stabilitas ekonomi dan keamanan nasional negara kami,” sambunynya. 

Liz Truss (47) menggantikan Boris Johnson yang mengundurkan diri pada musim panas menyusul skandal etika yang membuat 50 anggota pemerintah mundur sebagai bentuk protes. 

Truzz sebelumnya dilantik oleh Ratu Elizabeth beberapa hari sebelum penguasa monarki itu meninggal bulan lalu. Dengan pengunduran diri tersebut, Lizz Truss menjadi PM tersingkat setelah sebelumnya ada George Canning, yang meninggal setelah menjabat 118 hari sebagai perdana menteri pada 1827.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : PM Inggris Liz Truss Mundur, Padahal Baru 6 Minggu Menjabat)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut