get app
inews
Aa Read Next : Gelombang Panas Landa Asia Tenggara Pekan, Begini Penjelasan BMKG

Waspada Cuaca Buruk, Hujan Disertai Petir Merata di Kaltim hingga Besok

Kamis, 27 Oktober 2022 | 05:51 WIB
header img
BMKG memperingatkan potensi hujan deras disertai petir terjadi merata di seluruh Kaltim. ( Foto : Istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan deras disertai petir terjadi merata di seluruh Kaltim sepanjang Kamis (27/10/2022) hingga Jumat (28/10/2022) besok.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi bencana hidrometerologi seperti banjir dan tanah longsor seiring tingginya intensitas hujan.

"Cuaca buruk ini dapat menyebabkan berbagai hal seperti banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni, Rabu (26/10/2022). 

Menurut dia, dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Samarinda yang diprakirakan hanya mengalami hujan ringan pada Kamis sekitar pukul 14.00 dan 23.00 Wita. Ia mengatakan, di Kota Balikpapan pada Kamis sekitar pukul 17.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan.

Di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Kamis sekitar pukul 17.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir terjadi pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Penajam dan Sepaku.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut