get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

Waspada Banjir, Daerah Hulu Sungai Mahakam Berpotensi Diguyur Hujan Intensitas Tinggi

Rabu, 22 Mei 2024 | 08:16 WIB
header img
Curah hujan tinggi diprediksi akan mengguyur wilayah Kaltim terutama di daerah hulu Sungai Mahakam hingga 31 Mei 2024. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Curah hujan tinggi diprediksi akan mengguyur wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) terutama di daerah hulu Sungai Mahakam hingga 31 Mei 2024.

Berdasarkan hasil pemantauan badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun APT Pranoto Samarinda, secara umum wilayah Kaltim diprakirakan turun hujan pada kategori  menengah (50-150 mm) dengan peluang lebih dari 90 persen pada dasarian III tanggal 21-31 Mei 2024.

Sebagian kecil wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara bagian selatan diprakirakan akan terjadi hujan dengan kategiru rendah (0-50 mm) dengan peluang mencapai >80 persen.

Kemudian untuk sebagian kecil wilayah Kabupaten Kutai Barat bagian utara diprakirakaan akan terjadi hujan dengan kategori tinggi  (150-300 mm) dengan peluang mencapai 60 persen.

Prakiraan deterministik curah hujan secara umum wilayah Kaltim diprakirakan akan terjadi curah hujan dengan intensitas menengah berkisar 50-150 mm.

Curah hujan dengan intensitas tinggi berkisar 150 – 300 mm diprakirakan terjadi di wilayah Kaltim bagian barat meliputi sebagian kecil wilayah Kabupaten Kutai Barat bagian utara, dan sebagian kecil wilayah Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan.

Daerah Mahakam Ulu sebelumnya dilanda banjir parah pada pekan lalu. Ketinggian air bahkan mencapai 4 meter atau hingga atap rumah warga. Curah hujan tinggi meningkatkan debit sungai kecil yang bermuara di Sungai Mahakam.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik sebelumnya meminta Pemkab Mahakam Ulu berkoordinasi dengan BPBD Kaltim untuk menyiapkan early warning system untuk mendeteksi secara dini potensi terjadinya bencana banjir.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut