Logo Network
Network

IKN Nusantara Digadang-gadang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Raka Dwi Novianto
.
Rabu, 16 November 2022 | 13:39 WIB
IKN Nusantara Digadang-gadang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036
Presiden Jokowi menyatakan IKN Nusantara menjadi calon tuan rumah Olimpiade 2036. ( Foto : Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memang baru mulai dibangun. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah ancang-ancang ibu kota baru menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Kesiapan IKN Nusantara dicalonkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 disampaikan Jokowi disela KTT G20. Dia menyatakan, IKN disiapkan untuk menyelenggarakan olimpiade. 

"Saya ingin menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," tegas Jokowi di Hotel Apurva Kempinski, Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa sebagai Ketua G20 tahun 2022, ia bersama para pemimpin G20 menekankan pentingnya olahraga. Selain untuk kesehatan, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia. 

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Presiden memandang bahwa kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.  

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," katanya.

(Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul : Presiden Jokowi: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini