get app
inews
Aa Read Next : Puing Pesawat Smart Air Ditemukan di Hutan Binuang, Ada Tanda Api Unggun 

Helikopter Polri Angkut 4 Personel Hilang Kontak di Belitung, Tim SAR Lanjutkan Pencarian Hari Ini

Senin, 28 November 2022 | 05:01 WIB
header img
Ilustrasi helikopter Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 hilang kontak di perairan Belitung Timur. (Foto:Dok Okezone)

BELITUNG TIMUR, iNewsKutai.id - Helikopter Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 hilang kontak di perairan Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (27/11/2022). Potensi SAR akan fokus melakukan pencarian hari ini.

Helikopter P-1103 diketahui mengangkut empat personel dengan kapten pilot AKP Togur. Saat kejadian, heli tersebut dalam penerbangan dari Pangkalan Bun menuju Tanjung Pandan dalam misi ferry flight ke Pondok Cabe.

Posisi terakhir heli termonitor pada radial 094 inbound 38 DME to TPN altitude 3.500 fit. Namun, Basarnas Command Center (BCC), menyatakan jika heli tersebut melaporkan mengalami Emmergency Phase atau Situasi Darurat. 

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengungkapkan, helikopter tersebut dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Kepulauan Bangka Belitung. 

Sedianya, helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah ke Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

"Pencarian akan dilakukan besok Senin (28/11//2022) oleh Korpolairud (Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam) dan Polda Bangka Belitung serta potensi SAR lainnya," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dari Cianjur, Minggu (27/11/2022).

Sementara itu, sejumlah nelayan dilaporkan sempat melihat keberadaan heli P1103 di sekitar Pulau Buku Limao. Informasi tersebut kemudian diteruskan ke instansi terkait.

Tim SAR gabungan yang terdiri atas Kantor SAR Palangka Raya, Kantor SAR Banjarmasin, dan Kantor SAR Pangkalpinang yang mendapat laporan langsung melakukan operasi pencarian pada petang hari.

Komandan Pos SAR Belitung Danang mengatakan jika operasi pencarian sudah dibuka dan personel SAR Belitung sudah bergabung dengan unsur SAR lainnya seperti TNI-Polri dan BPBD. "Saat ini operasi pencarian telah dibuka," kata Danang. 

(Artikel ini telah tayang di babel.inews.id dengan judul : Helikopter Polri P1103 Hilang Kontak di Belitung Timur Angkut 4 Personel)

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut