get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Sangar, Inggris Kirim 4 Helikopter Serbu Apache ke Ukraina Lawan Rusia

Minggu, 15 Januari 2023 | 16:01 WIB
header img
Inggris akan mengirimkan 4 helikopter serbu Apache untuk melawan Rusia. (foto: the australian)

LONDON, iNewsKutai.id - Militer Ukraina kembali mendapat pasokan senjata mematikan. Kali ini, Inggris menyatakan akan segera mengirim helikopter serbu Apache AH64 E lengkap dengan rudal Hellfire untuk melawan Rusia.

Mirror dalam laporannya menyebut Inggris akan mengirim helikopter Apache paling canggih tersebut dengan persenjataan lengkap. Heli tersebut akan melengkapi paket bantuan militer berupa 10 tank tempur challenger.

Bantuan heli serbu ini diharapkan menjadi pengubah situasi di Ukraina setelah 11 bulan lamanya diinvasi Rusia. Paket militer ini bahka dikonfirmasi Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

"Tank challenger akan tiba lebih dulu di Ukraina kemudian disusul Apache. Ini akan menjadi pengubah permainan di medan pertempuran,"ujar sumber internal militer Inggris dikutip Mirror, Minggu (15/1/2023).

Sekadar diketahui, Apache AH64 E merupakan versi paling baru helikopter serbu tersebut yang dapat menghancurkan banyak target. Memiliki kecepatan maksimal 186mph, Apache dapat mendeteksi 250 target potensial sekaligus hingga 10 mil jauhnya. 

Untuk menghancurkan target, Apache memanggul 16 rudal anti-tank Hellfire, 76 roket Hydra 70mm, dan senapan rantai 30mm. Jika dikalkulasi, heli terbaru Ukraina ini bisa menghancurkan 70 tank Rusia.

“Empat Apache akan memiliki dampak strategis dalam perang mengingat Rusia memiliki ribuan tank. Ini adalah menjadi langkah besar secara taktis di Ukraina,” kata sumber tersebut.

Untuk memastikan tersebut siap tempur, pilot Ukraina akan dilatih di Inggris dan pangkalan pemeliharaan didirikan di Polandia. 

Sementara tank Challenger 2 sudah berpengalaman dalam Perang Irak. Perlindungan Chobham membuatnya tangguh menghadapi senjata anti tank. 

"Kami mempercepat dukungan kami ke Ukraina dengan jenis teknologi militer generasi mendatang yang akan memenangkan perang ini," kata seorang juru bicara pemerintah Inggris.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul : Tak Cuma Tank, Inggris Juga Kirim Helikopter Apache dengan Rudal Mematikan ke Ukraina)

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut