get app
inews
Aa Read Next : Terbakar Nafsu, Calon Pengantin Aniaya Pacar karena Tak Mau Diajak ML, Pernikahan Terancam Buyar

Nikah Beda Agama Tidak Diakui di Indonesia, 4 Negara Ini Jadi Tujuan Legalkan Pernikahan

Jum'at, 27 Januari 2023 | 08:11 WIB
header img
4 negara yang mengakui pernikahan beda agama. (foto: ilustrasi/shutterstock)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pernikahan beda agama memang masih menjadi masalah di Indonesia. Hal itu dikarenakan hukum perkawinan belum mengakui atau melegalkan nikah beda agama.

Meski pada prakteknya tetap banyak yang menikah meski beda agama. Umumnya dengan mengakali agar pernikahan pasangan tetap legal di mata hukum. Namun, bagi yang memiliki uang lebih, banyak yang memilih menikah di luar negeri.

Sejumlah negara yang mengakui atau melegalkan pernikahan beda agama pun menjadi tujuan untuk melangsungkan prosesi sakral tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber Jumat (27/1/2023), berikut sejumlah negara yang melegalkan pernikahan beda agama.

1. Kanada 

Negara pertama yang bisa menjadi tujuan pasangan beda agama untuk melangsungkan pernikahan adalah Kanada. Hukum pernikahan di negara tersebut tidak mengharuskan adanya kesamaan agama sebagai syarat sah. 

Bagi pemerintah Kanada, beda agama bukan menjadi sebuah penghalang bagi pasangan yang menikah.  Kanada hanya mewajibkan syarat pernikahan adalah berbeda jenis kelamin dan tidak memiliki hubungan pertalian darah atau keturunan. 

2. Tunisia 

Negara mayoritas muslim ini memperbolehkan pernikahan beda agama. Hal itu bermula pada 2017 lalu ketika pemerintah Tunisia menghapus larangan wanita menikahi pria non-Muslim. 

Perempuan muslim atau sebaliknya bebas memilih pasangan yang bukan penganut Islam. Seorang pria non-Muslim tidak harus masuk Islam dan menyerahkan bukti pindah agama untuk menikahi seorang muslimah di Tunisia.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut