get app
inews
Aa Read Next : Surya Paloh Dukung Koalisi Pemerintah, Partai Nasdem Tinggalkan Anies Baswedan

Kisah Prabowo Subianto Nyaris Gagal Bebaskan Sandera gegara Terkecoh Data Intelijen Inggris

Kamis, 09 Februari 2023 | 19:16 WIB
header img
26 peneliti asing dan lokal serta porter yang disandera OPM pada 1995 silam. (foto: ist)

Menurutnya, peran Tim Kasuari pimpinan Serka Bayani sangat penting karena lokasi penyanderaan di tengah hutan. Apalagi pada 1996 silam, TNI belum peralatan modern seperti satelit, drone dan pesawat pengintai.

Pasukan TNI hanya memiliki peta bagan yang buatan tangan. Kondisi ini membuat Prabowo minim data intelijen. Namun, kesulitan itu terjawab lewat kerja Tim Kasuari yang pada akhirnya mampu memetakan 6 titik yang diduga menjadi lokasi penyanderaan.

"Saya bertanya kepada tim intelijen di mana posisi komandan pasukan GPK Kelly Kwalik dan para sandera. Saat kita menentukan sasaran tidak ada alat bantu sama sekali. Analisis intelijen sangat menentukan sekali,” katanya. 

Prabowo kemudian memutuskan enam titik yang diberikan sebagai sasaran operasi. Dia pun langsung menyiapkan enam helikopter serbu. Namun, halangan mulai muncul ketika tim intelijen Inggris mulai campur tangan.

Inggris yang hadir sebagai tim peninjau menyampaikan telah berhasil menyelundupkan satu alat (beacon) saat menitip obat-obatan, makanan dan pakaian kepada Palang Merah Internasional. Alat itu bisa memberi sinyal dan menentukan location tepat para sandera. 

Hanya saja, titik yang diberikan intelijen Inggris berbeda dengan lokasi yang dilaporkan tim intelijen Kopassus. Titik sasaran berada gunung yang tinggi. Prabowo yang dihadapkan pada dua pilihan, kemudian memilih mengikuti instingnya.

Dia memanggil Serka Bayani yang paling berpengalaman dan menguasai wilayah itu. Dia kemudian diberikan data intelijen Inggris dan langsung menepisnya. Dia bahkan bersikeras lokasi itu salah meski menggunakan teknologi modern. 

"Bapak, jangankan Kelly Kwalik, monyet pun tidak mau tinggal di situ. Tidak ada air di situ. Bapak, bagaimana sekian puluh orang berada di atas (gunung) tanpa air," ucap Serka Bayani dengan logat Papua seperti ditirukan Prabowo. 

Akhirnya, Prabowo memilih mempercayai penjelasan prajuritnya dan memutuskan untuk menyerang enam titik sesuai hasil kajian tim intelijen. Hasilnya, pasukan Kopassus berhasil membebaskan seluruh sandera. 

Dari 26 sandera, 3 orang meninggal dunia dibunuh GPK. Sedangkan sisanya berhasil dibebaskan termasuk seluruh peneliti asing.

"Itulah kecerdasan dari seorang pribumi, putra daerah. Dia lebih tahu kondisi setempat dibandingkan dengan orang asing walaupun membawa alat yang canggih. Saya memilih untuk percaya kepada anak buah sendiri yang punya pengalaman nyata,” kata Prabowo. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut