get app
inews
Aa
Read Next : MUI Haramkan Dukung Agresi Israel, Serukan Umat Islam Boikot Produk Terafiliasi Zionis

Soal Timnas Israel Tampil di Piala Dunia U-20, Begini Pernyataan Tegas MUI

Minggu, 19 Maret 2023 | 06:01 WIB
header img
Partisipasi timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia masih menjadi prokontra. (Foto:Instagram/@israel_football_association)

Keempat, persatuan dan kesatuan bangsa harus dirawat, diperkuat dan dilindungi dari ancaman disintegrasi yang diakibatkan oleh kontroversi dan pro-kontra yang dibiarkan seputar timnas Israel. 

"Semua yang disampaikan ormas-ormas Islam adalah merupakan bagian komitmen kebangsaan dan kemanusiaan umat Islam yang diniatkan untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada pemerintah untuk menjaga murwah bangsa dan negara kesatuan RI. Bahkan dukungan dan dorongan ini sudah muncul atau disampaikan oleh elemen masyarakat internasional,"ujar dia. 

Ormas lanjutnya, memberikan beberapa opsi yang bisa diupayakan. Pertama, masing-masing ormas Islam menyampaikan sikap dan pandangannya secara resmi kepada pemerintah, kedua MUI menyusun pernyataan secara resmi dan ditanda tangani oleh semua Ormas Islam. 

“Ketiga bertemu dengan pemerintah (Kemenko Polhukam, Kemlu, Kemenpora, dan PSSI). Sebaiknya pertemuan ini diinisiasi oleh pemerintah. Bersyukur Plt Menpora sudah memulai bersilaturahim ke Kantor MUI dan melakukan konsultasi dengan pengurus MUI,"katanya. 

Dia menambahkan, Plt Menpora akan melakukan kordinasi dengan sesama kementerian dan menyampaikan masukan MUI kepada FIFA di Jakarta. Menurutnya langkah empati pemerintah sangat diharapkan utuk menyapa, mendengarkan aspirasi dan keprihatinan masyarakat terkait dengan kedatangan Timnas Israel. 

"Jangan abaikan mereka; jangan biarkan kontroversi berlarut dan memicu pertentangan di tengah masyarakat. Sebelum masalahnya menjadi semakin serius, waktunya segera dialog pemerintah dan masyarakat dilakukan," tuturnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut