get app
inews
Aa Read Next : Raih Medali di PON dan SEA Games, Atlet Berau Diguyur Bonus Rp31,7 Miliar

Ini Daftar 10 Event Olahraga yang Digelar Tahun Depan, Ada Piala Dunia dan Piala AFF U-23

Jum'at, 31 Desember 2021 | 08:13 WIB
header img
Piala Dunia 2022 Qatar. (foto : skysports)

JAKARTA, iNews.id – Tahun 2022 sangat dinantikan penggemar olahraga dunia khususnya Indonesia. Sepanjang tahun, sejumlah event besar akan dihelat termasuk di Tanah Air.

Ajang ini menjadi penanda jika sektor olahraga mulai bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak Maret 2020 lalu. Berikut ini 10 event olahraga yang akan digelar 2022 telah dirangkum iNews.id, Kamis (23/12/2021):

1. Formula E Jakarta 2022

Secara sah Formula E akan digelar di Ancol pada bulan Mei mendatang. Cabang olahraga ini sangat dinantikan masyarakat Indonesai karena menuai pro dan kontra. Kendati demikian, Indonesia wajib berbangga hati kejuaraan dunia tersebut bisa berlangsung di Tanah Air. 

Walaupun tidak ikut bertanding karena Formula E merupakan balapan profesional, bukan balapan pembinaan. Secara sah Formula E akan digelar di Ancol pada bulan Mei mendatang. Cabang olahraga ini sangat dinantikan masyarakat Indonesai karena menuai pro dan kontra. 

Kendati demikian, Indonesia wajib berbangga hati kejuaraan dunia tersebut bisa berlangsung di Tanah Air. Walaupun tidak ikut bertanding karena Formula E merupakan balapan profesional, bukan balapan pembinaan.

2. Piala Asia Wanita 2022 

Timnas Putri Indonesia akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022 di India. Indonesia lolos ke putaran final usai menang agregat 2-0 atas Singapura Women pada September lalu. 

Hasil itu membuat Indonesia lolos ke Piala Asia Wanita 2022 di India pada 20 Januari 2022 hingga 6 Februari 2022. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia berpartisipasi di Piala Asia Wanita setekah 33 tahun absen. 

Sayang, hasil drawing sedikit tidak menguntungkan bagi Garuda Pertiwi. Zahra Musdalifah dkk berada di grup B bersama tim kuat Australia, Thailand dan Filipina.

3. SEA Games Hanoi 2022 

Resmi Hanoi Vietnam terplih sebagai tuan rumah SEA Games 2022. Sebelumnya, dijadwalkan pesta olahraga Asia Tenggara ini diberlangsungkan pada 2021 yang diundur ke tahun berikutnya. 

SEA Games kali ini digelar untuk yang ke-31. Acara ini akan digelar pada 12 Mei sampai 23 Mei 2022. Kejuaraan ini akan menyelenggarakan 40 cabang olahraga. Namun, fokus utamanya masih cabang lomba Olimpiade. 

4. Islamic Solidarity Games 

Pesta Olahraga Solidaritas Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) segera digelar di Turki pada Agustus nanti. ISG diselenggarakan setiap empat tahun sekali di bawah payung Federasi Olahraga Solidaritas Islam. 

Ajang ini melibatkan atlet dari negara-negara dari anggota Organisasi Kerja Sama Islam. Namun, warga yang bukan muslim pun boleh ikut serta di kejuaraan ini. Terdapat 27 cabang olahraga yang akan dilombakan. Mulai dari penahan, atletik, bulu tangkis, bola basket, tinju, futsal, dan lain sebagainya. 

5. Asian Games Hangzhou 

Berbeda dengan SEA Games, Asian Games adalah kompetisi seluruh benua Asia. Pesta olahraga Asia ini dijadwalkan berlangsung pada 10 September hingga 25 September 2022. Acara empat tahun sekali ini digelar di Hangzhou, China. 

Pada event yang ke-19 ini, diharapkan presiden Xi Jinping akan membuka kejuaraan bergengsi di Asia ini. Diketahui, sang tuan rumah saat ini selalu menjadi juara di Asian Games. Total China menang sebanyak 10 kali, disusul dengan Jepang yang meraih 8 kali kemenangan.

6. Asian Youth Games Shantou 

Asian Youth Games atau pesta olahraga remaja Asia hendak digelar di Shantou, China. Event ini digelar pada 20 sampai 28 Desember 2022. Sebelumnya, Asian Youth Games ini hendak terlaksana di Surabaya, Jawaa Timur. 

Namun, permintaan tersebut ditolak karena satu dan lain hal. Sesuai namanya, tentu yang berlaga adalah anak-anak remaja di setiap negara. Dengan adanya kejuaraan ini pastinya akan menciptakan bibit unggul di usia muda. 

7. Asian Indoor & Martial Arts Games (AIMAG)

Asian Indoor & Martial Arts Games (AIMAG) atau pesta olahraga dalam ruangan dan bela diri Asia cepat atau lambat digelar di Bangkok-Chonburi, Thailand. Jika jadwal tidak berubah, kejuaraan ini dilakukan pada 10 sampai 19 Maret 2022. 

Secara menyeluruh AIMAG mempertandingkan 12 cabang olahraga. Mulai dari biliar, bowling, catur, futsal, dan lain-lain. Sampai saat ini, Indonesia baru menorehkan 5 medali di AIMAG. 2 medali perak dan 3 medali perunggu sedari 2003 lalu. 

8. BWF Tournament 

BWF atau Federasi Bulu Tangkis Dunia telah mengeluarkan jadwal sepanjang tahun 2022 ini. Total terdapat 51 event olahraga tepuk bulu ini yang tersaji dalam beberapa negara, mulai dari All England 2022, Piala Thomas dan Uber hingga BWF World Championship 2022 Indonesia ikut andil menjadi tuan rumah sebanyak 4 kali. 

Contohnya Indonesia Masters 2022, Indonesia Open 2022, Indonesia International Challenge 2022, dan Indonesia Masters Super 100 200. Tentunya sangat ditunggu kehadiran para atlet internasional bermain kembali di Indonesia. Terlebih, pada Indonesia Badminton Festival 2021 meninggalkan kesan manis dipenghujung tahun.

9. Piala AFF U-23 Championship 2022 

Piala AFF 2020 sebentar lagi berakhir. Timnas Indonesia masih akan bertarung di partai leg 2 final Piala AFF 2020 lawan Thailand.  Namun, pecinta sepak bola Indonesia tak perlu menunggu lama untuk menyaksikan penggawa skuad Garuda berlaga. 

Sebab pada 14 Februari-26 Februari 2022, Garuda Muda akan berlaga di Piala AFF U-23 Championship 2022. Indonesia yang berstatus juara bertahan berada satu grup Malaysia, Myanmar, dan Laos. Target juara pun diusung oleh Indonesia U23. 

10. Piala Dunia 2022 

Piala Dunia 2022 merupakan salah satu event sepak bola paling akbar di dunia. Sebanyak 32 negara akan berlaga di Qatar di tahun 2022. Berbeda dengan edisi sebelumnya, Piala Dunia 2022 akan digelar di akhir tahun tepatnya pada bulan November hingga Desember 2022. 

Hal itu mengikuti cuaca di Qatar yang sedikit dingin di akhir tahun. Meski Timnas Indonesia tak berpartisipasi dalam ajang ini, namun Piala Dunia selalu dinantikan. Piala Dunia 2022 akan menjadi penutup tahun 2022 yang sempurna.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut