get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Kembali Meningkat

Update Kasus Covid-19 Kaltim: Lima Kasus Tambahan, Balikpapan Waspada

Senin, 03 Januari 2022 | 18:58 WIB
header img
Pandemi Covid-19 (Foto: Pixabay)

SAMARINDA, iNews.id - Pertambahan kasus harian Covid-19 di Kalimantan Timur kembali menunjukkan tren peningkatan. Per tanggal 3 Januari, Satgas Covid-19 merilis tambahan lima kasus baru.

Kasus Covid-19 ini ditemukan di Balikapapan 2 orang, Kutai Barat (1), Kutai Kartanegara (1), dan Samarinda satu kasus. Tambahan lima kasus baru ini membuat total jumlah kasus virus corona di Kaltim mencapai 158.339 orang.

Di sisi lain, jumlah pasien sembuh juga bertambah enam orang masing-masing di Bontang dan Kutai Barat. Dengan demikian, jumlah pasien yang dirawat tersisa 21 orang.

Sementara itu, Pemprov Kaltim menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan Kepres Faktual Pandemi bernomor 24/2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Kepres diterbitkan sejak 31 Desember 2021 ditandatangani Presiden Joko Widodo.

"Prinsipnya, kita di Pemprov Kaltim siap mengikuti Kepres itu. Sehingga bersama-sama menjaga. Artinya, pandemi Covid masih terjadi di Indonesia," ujar Kepala Biro Adpim Setda Prov Kaltim M Syafranuddin.

Dia menjelaskan, diperlukan kebijakan di bidang perekonomian dan keuangan negara dalam menghadapi ancaman perekonomian dan stabilitas sistem keuangan. 

Selanjutnya, dalam penanganan, pengendalian, dan/atau pencegahan pandemi Covid-19 beserta dampaknya khususnya di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial, Pemerintah dapat menetapkan bauran kebijakan melalui penetapan skema pendanaan antara Pemerintah dengan badan usaha yang bergerak di bidang pembiayaan pelayanan kesehatan dan skema lainnya.

"Kepres berlaku sejak diterbitkan. Prinsipnya, Pemprov Kaltim siap menindaklanjuti," jelas jubir Gubernur Kaltim ini. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut