get app
inews
Aa Read Next : Duh! Harga Beras Bulog Naik Rp1.800 per Kilogram di Kalimantan

Teliti Masyarakat Kalimantan, Ilmuwan Jerman Buktikan Keberadaan Kuntilanak

Senin, 01 Mei 2023 | 11:14 WIB
header img
Ilmuwan Jerman membuktikan keberadaan kuntilanak setelah mengunjungi Kalimantan. (Foto: ilustrasi/Twitter Jero Point)

PONTIANAK, iNewsKutai.id - Kisah  mistis kuntilanak selama ini selalu menjadi perdebatan. Sebagian menganggap makhluk mitologi ini hanya cerita fiksi dan yang lainnya menganggap hantu khas Indonesia ini benar-benar nyata.

Seiring dengan banyaknya penelitian, perdebatan tersebut sepertinya akan berakhir setelah antropolog asal Jerman, Timo Duile untuk mengungkap asal mula kuntilanak. Dia meneliti dan membuktikan keberadaan makhluk astral itu setelah mengunjungi Kalimantan.

Penelitiannya tentang keberadaan kuntilanakn dalam kehidupan masyarakat Indonesia dipublikasikan dalam Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia pada 2020 lalu.

Timo berhasil membuktikan keberadaan makhluk mitologi Indonesia, berambut panjang, berpakaian putih yakni kuntilanak. 

Dalam penelitiannya berjudul Kuntilanak: Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia ini, Timo mengungkapkan jika kuntilanak tidak hanya menjadi ikon budaya Indonesia, tetapi juga di beberapa negara Asia Tenggara. 

“Di Malaysia dan Singapura, kuntilanak disebut Pontianak. Mahluk ini menyerupai perempuan dengan ciri-ciri seperti vampir: tertarik dengan darah dan berbahaya bagi perempuan yang melahirkan,” ungkapnya seperti dilansir dari Fashion Institute of Technology. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut