get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Kemarau Diprediksi Juni, Warga Kutai Kartanegara Diimbau Waspada Karhutla

Sabtu, 13 Mei 2023 | 05:56 WIB
header img
Warga Kutai Kartanegara diimbau waspada Karhutla seiring datangnya musim kemarau. (foto: ilustrasi/wwf)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) mengeluarkan surat edaran resmi imbauan dan kesiapsiagaan potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seiring masuknya musim kemarau yang diprediksi mulai Juni mendatang. 

Dalam surat nomor B-950/BPBD/950/04/2023 yang ditandatangani Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sunggono tersebut, jajaran di 20 kecamatan diminta waspada terhadap karhutla yang potensial terjadi selama musim kemarau.

Menurut Sunggono, data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Aji Pangeran Temenggung Pranoto memperkirakan puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus 2023 mendatang.

“Saya meminta seluruh camat agar selalu menginformasikan dan berkoordinasi dengan kepala desa di wilayahnya masing-masing. BPBD Kukar akan mengadakan patroli terpadu pada bulan-bulan tersebut,” kata Sunggono dikutip dari laman Pemkab Kukar, Sabtu (13/5/2023).

Sunggono juga memerintahkan seluruh camat untuk melakukan upaya pencegahan karhutla. Antara lain dengan melakukan patroli karhutla secara terpadu, melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, dan membuat posko karhutla di masing-masing kecamatan. 

“Yang terpenting, selalu berkoordinasi dengan BPBD Kukar jika terjadi situasi yang genting di lapangan,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut