get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Dilengkapi Instalasi Kedokteran Nuklir, RSUD Abdul Wahab Sjahranie Jadi Rujukan Pasien Kanker

Rabu, 17 Mei 2023 | 06:01 WIB
header img
RSUD Abdul Wahab Sjahranie dilengkapi Instalasi Kedokteran Nuklir dan menjadi RS rujukan pasien kanker. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) menjadi satu-satunya rumah sakit di Indonesia Timur yang dilengkapi dengan instalasi kedokteran nuklir dan radioterapi.

Instalasi ini membuat RSUD AWS menjadi rujukan pasien pelayanan kanker dari wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Direktur RSUD AWS dr David Hariadi Masjhoer mengungkapkan, instalasi kedokteran nuklir ini merupakan salah satu dari delapan RS di Indonesia yang memiliki fasilitas serupa.

Instalasi ini dapat memberikan layanan terapi serta diagnostik sekaligus dan menjadi satu-satunya di luar pulau Jawa. Fasilitas serupa ada di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. 

"Untuk RS di Kota Medan dan Surabaya hanya dapat melakukan layanan diagnostik. Sementara di AWS bisa terapi dan diagnostik sehingga menjadi satu-satunya di luar jawa,"jelas dr David Hariadi Masjhoer dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Rabu (17/5/2023).

Kepala Instalasi Kedokteran Nuklir RSUD AWS, dr Habusari Hapkido menjelaskan, kedokteran nuklir merupakan suatu spesialis kedokteran yang menggunakan energi radiasi terbuka dari inti nuklir untuk menilai fungsi suatu organ, mendiagnosa, dan mengobati penyakit. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut