get app
inews
Aa Read Next : Diceraikan Desta, Natasha Rizky Resmi Sandang Status Janda

Desta Gugat Cerai Natasha Rizki, Begini Hukum dan Syarat Sah Talak dalam Islam

Kamis, 18 Mei 2023 | 06:18 WIB
header img
Hukum dan syarat sah talak cerai dalam pandangan Islam. (foto: ist/instagram)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar mengejutkan datang dari pasangan selebritis Desta dan Natasha Rizki. Rumah tangga keduanya diambang perpisahan setelah Desta menggugat cerai istri Natasha Rizki.

Gugatan cerai tersebut bahkan sudah didaftarkan di Pengadilan Agama Jaksel sejak 11 Mei 2023 lalu. Keduanya dijadwalkan akan menjalani sidang perdana pada 29 Mei 2023 mendatang. Lantas, bagaimana hukum dan syarat talak dalam Islam? Simak ulasan berikut ini.

Hukum talak wajib diketahui pasangan suami istri karena agama Islam sangat  menjaga keutuhan rumah tangga. Hal ini tercermin dalam proses talak yang tidak dijatuhkan hanya dalam satu kali.

Hukum talak atau cerai adalah boleh dengan beberapa kaidah yang mengaturnya. Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tuwaijri, dalam kitab Mukhtasar Al Fiqh Al Islami menjelaskan jika talak adalah melepaskan ikatan pernikahan dengan perkataan yang jelas dari suami. 

Dalil dibolehkannya talak ini tertuang dalam Alqur'an dan hadist Nabi Muhammad SAW. AllahTa’ala berfirman : 

الطَّلَاقُ مَرَّتَانِ فَإِمْسَاكٌ بِمَعْرُوفٍ أَوْ تَسْرِيحٌ بِإِحْسَانٍ 

Artinya : Talak (yang dapat dirujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik.” (QS. Al Baqarah: 229)

Allah juga berfirman : 

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ 

Artinya : Hai Nabi, apabila kamu menceraikan isteri-isterimu Maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar)” (QS. Ath Tholaq: 1) 

Dari ‘Abdullah bin ‘Umarradhiyallahu ‘anhuma, beliau pernah mentalak istrinya dan istrinya dalam keadaan haidh, itu dilakukan di masa Nabi Muhammad. Lalu ‘Umar bin Al Khottobradhiyallahu ‘anhu menanyakan masalah ini kepada Rasulullah. 

Beliau bersabda : “Hendaklah ia meruju’ istrinya kembali, lalu menahannya hingga istrinya suci kemudian haidh hingga ia suci kembali. Bila ia (Ibnu Umar) mau menceraikannya, maka ia boleh mentalaknya dalam keadaan suci sebelum ia menggaulinya. Itulah al ‘iddah sebagaimana yang telah diperintahkan Allah ‘azza wajalla.” (HR. Bukhari) 

Adapun syarat sah talak yang disetujui para ulama terkait suami yang mentalak, istri yang ditalak, dan berkaitan dengan kondisi sebelum talak. 

1. Suami yang sah menjatuhkan talak

Syarat ini mewajibkan pasangan suami istri memiliki hubungan perkawinan yang sah. Jika belum menikah, talak yang dijatuhkan tidak sah. Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

“Tidak ada nadzar bagi anak Adam pada sesuatu yang bukan miliknya. Tidak ada membebaskan budak pada budak yang bukan miliknya. Tidak ada talak pada sesuatu yang bukan miliknya.” (HR. Tirmidzi) 

Begitu pula AllahTa’ala berfirman : 

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi perempuan- perempuan yang beriman, kemudian kamu ceraikan mereka ….” (QS. Al Ahzab: 49). 

Dalam ayat ini disebut kata talak setelah sebelumnya disebutkan nikah. Seandainya ada sepasang pria wanita yang hidup bersama tanpa melalui jalur nikah, lalu si pria mengajukan cerai, seperti ini tidak jatuh talak sama sekali. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut