get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Hasil Survei Bank Indonesia, Konsumen Optimistis Ekonomi Kaltim Terjaga Kuat

Sabtu, 17 Juni 2023 | 06:01 WIB
header img
Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Kaltim mencapai 136,3 atau berada di atas zona optimis (>100). (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Survei Konsumen (SK) di Kaltim sepanjang Mei 2023 mengindikasikan optimisme terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga kuat. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mencapai 136,3 atau berada di atas zona optimis (>100).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali menuturkan, berdasarkan komponen pembentuk, IKK yang tetap kuat bersumber dari Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) sebesar 131,7 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 140,8.

"Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini sebagaimana ditunjukkan oleh IKE berada pada zona optimis sebesar 131,7," ungkap Ricky dalam keterangan resminya, Jumat (16/6/2023).

IKK ini bersumber dari optimisme akan indeks ketersediaan lapangan kerja sebesar 143,0; indeks penghasilan sebesar 132,5, dan indeks pembelian barang tahan lama dengan capaian 119,5.

Indeks ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan terjaga karena didorong kondisi ekonomi yang melanjutkan tren perbaikan. Indeks pembelian barang tahan lama yang masih kuat didorong oleh peningkatan belanja furnitur dan perabotan rumah tangga, serta elektronik.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut