get app
inews
Aa Read Next : Sambil Bawa Salib. Aktivis Perempuan di Swedia Bakar Alqur'an di Depan Umum

Pria Rusia Diperalat Intelijen Ukraina Bakar Alquran, Begini Cara Putin Hukum Berat Pelaku

Minggu, 18 Juni 2023 | 11:10 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pelaku pembakaran Alquran dikirim ke Chechnya untuk dihukum. (Foto/REUTERS)

MOSKOW, iNewsKutai.id - Insiden pembakaran Alquran di Rusia membuat presiden Vladimir Putin murka. Secara khusus, Putin memerintahkan agar pelaku yang diidentifikasi bernama bernama Nikita Zhuravel dihukum di wilayah federasi yang mayoritas Muslim. 
 
Zhuravel pun dikirim ke wilayah otonomi Republik Chechnya yang mayoritas Muslim. Ribuan orang di Chechnya sebelumnya memprotes penistaan kitab suci agama Islam itu ketika pelaku membakarnya di depan sebuah masjid di Kota Volgograd, bulan lalu. 

"Pelaku akan menjalani hukumannya, seperti yang dinyatakan oleh Menteri Kehakiman di penjara yang terletak di salah satu wilayah Rusia dengan populasi mayoritas Muslim," kata Putin seperti kantor berita TASS. 

Komite Investigasi Rusia menyatakan, berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku membakar Alquran atas perintah intelijen Ukraina. Pelaku diberi imbalan 10.000 rubel atau sekitar Rp1,7 juta. 

"Setelah vonis, pelaku akan dikirim untuk menjalani hukumannya di salah satu lembaga pemasyarakatan yang terletak di wilayah dengan mayoritas penduduk Muslim," kata Menteri Kehakiman Rusia Konstantin Chuichenko.

The Moscow Times melaporkan, pengacara dan aktivis telah memperingatkan jika penanganan kasus Zhuravel ke penyelidik Chechnya bisa menempatkannya pada risiko penyiksaan atau bahkan kematian. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut