get app
inews
Aa Read Next : Angka Kriminalitas di Samarinda Turun pada 2023, Dominan Kejahatan Umum

Pakai Lintasan Baru, Ujian Praktik SIM C di Polresta Samarinda Makin Mudah

Rabu, 09 Agustus 2023 | 15:16 WIB
header img
Satpas SIM Polresta Samarinda mulai menerapkan lintasan baru untuk ujian praktik SIM C. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Polresta  Samarinda mulai menerapkan lintasan baru untuk praktik ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C pada Rabu (09/08/2023). Lintasan menyerupai huruf S ini membuat ujian SIM menjadi lebih mudah.

Peresmian penggunaan lintasan baru ini dilakukan langsung Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim Kombes Sonny Irawan. Dia menjelaskan, perubahan desain lintasan ini merupakan instruksi dari Korlantas Polri.

Materi baru ujian praktik SIM C akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama. 

"Mengacu pada instruksi Korlantas Polri, ada ketentuan baru dalam uji praktik SIM C. Biasanya menggunakan lintasan serupa angka 8 dan zig zag, kini direvisi menjadi menyerupai huruf S seperti sirkuit,” ujarnya, Rabu (9/8/2023).

Sirkuit ujian praktik SIM C yang baru memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok di mana salah satu bagiannya menyerupai huruf S.

Pada prakteknya, setelah melalui lintasan lurus, pemohon SIM akan diminta berhenti mengikuti lampu lalu lintas buatan yang dipasang di sana. Ini menjadi sarana edukasi masyarakat mengenai aturan lalu lintas.

“Setelah itu ditahapan etape ketiga, yang semula angka 8 diubah menjadi huruf S,” tambah Dirlantas Polda Kaltim.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut