get app
inews
Aa Read Next : Marak Penipuan Berkedok Email Palsu, Begini Cara Mendeteksinya

Simak! 5 Tips Mencegah Jadi Korban Scammer

Senin, 21 Agustus 2023 | 14:59 WIB
header img
Cara mencegah menjadi korban kejahatan scam. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ancaman scam atau penipuan menjadi isu serius yang mengkhawatirkan terutama di Indonesia. Rendahnya kesadaran akan keamanan saat menggunakan internet menjadi salah satu penyebabnya.

Akibatnya, banyak korban yang terjebak dalam jerat penipuan. Pelaku tidak hanya mencuri informasi pribadi namun juga bisa menguras rekening bank.

Untuk menghindari tersebut, ada sejumlah cara untuk menghindari menjadi korban kejahatan scam yang marak saat ini.

Cara Mencegah Jadi Korban Scammer

1. Lindungi Informasi Pribadi

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melindungi informasi pribadi. Pelaku kejahatan siber akan mencuri informasi pribadi Anda terlebih dulu dengan memintanya secara langsung. 

Jangan pernah memberikan informasi seperti nomor identitas, nomor rekening bank, atau nomor kartu kredit kepada individu yang tidak Anda kenal, baik melalui email maupun pesan teks. Hanya berikan informasi pribadi ini melalui situs web yang telah terbukti sah dan terpercaya.

2. Verifikasi Situs Web yang Tak Dikenal

Salah satu metode paling umum yang digunakan oleh pelaku kejahatan siber adalah dengan menciptakan situs web palsu yang meniru platform yang sah. Jika Anda menerima email atau pesan yang mencurigakan, hindari mengklik tautannya.

Sebaliknya, masukkan alamat situs web secara langsung ke bilah alamat peramban Anda dan pastikan bahwa itu memang situs web yang sah. Pastikan juga bahwa situs tersebut memiliki sertifikat keamanan yang valid.

3. Selalu Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan perangkat lunak keamanan Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Perangkat lunak yang tidak terbarui dapat memberikan celah bagi pelaku kejahatan siber.

Selain itu, perhatikan bahwa kata sandi yang kuat memiliki peran krusial dalam menjaga keamanan akun online Anda. Gunakan campuran huruf besar dan kecil, angka, serta simbol untuk menciptakan kata sandi yang tangguh dan sulit ditebak. Jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda.

4. Manfaatkan Aplikasi Keamanan

Beragam aplikasi keamanan dapat membantu melindungi Anda dari ancaman penipuan dan serangan siber. Ada aplikasi yang bisa memblokir spam, mendeteksi situs web palsu, bahkan membantu mengamankan kata sandi Anda.

Pertimbangkan untuk memanfaatkan beberapa aplikasi keamanan ini demi meningkatkan tingkat keamanan online Anda.

5. Tetap Waspada

Terakhir, selalu waspada dan hati-hati ketika menjelajahi internet. Ingatlah bahwa pelaku kejahatan siber dapat mengambil berbagai bentuk dan seringkali berpura-pura menjadi individu sah dan dapat dipercayai.

Jangan mudah percaya pada orang yang tidak dikenal dan jangan sekali-kali mengklik tautan atau lampiran yang mencurigakan. Pastikan bahwa Anda selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan mengubahnya secara berkala.

Demikian tips untuk menghindari menjadi korban scamming atau penipuan online.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut