get app
inews
Aa Read Next : Tak Ada Ampun, Vietnam Hukum Mati Taipan Cantik Koruptor Rp660 Triliun

Korban Pertama UU Homoseksualitas, Pria Gay Berusia 20 Dihukum Mati

Selasa, 29 Agustus 2023 | 08:42 WIB
header img
Pria Gay di Uganda dihukum mati karena melakukan hubungan seksual dengan pria berusia 41 tahun. (foto: ilustrasi/ist)

KAMPALA, iNewsKutai.id - Pemerintah Uganda tidak main-main dalam menerapkan Undang-undang Homoseksualitas. Pria gay berusia 20 tahun menjadi orang pertama yang dijatuhi hukuman mati sejak UU anti gay itu disahkan Mei 2023 lalu. 

Penyuka sesama jenis itu dihukum setelah melakukan hubungan seks dengan pasangannya yang berusia 41 tahun. Dilansir Reuters, pria tersebut didakwa pada 18 Agustus dengan tuduhan homoseksualitas yang diperburuk setelah melakukan hubungan seksual yang melanggar hukum dengan pria berusia 41 tahun. 

Namun, dakwaan tersebut tidak menyebutkan secara spesifik mengapa tindakan tersebut dianggap diperburuk. 

"Itu merupakan pelanggaran berat yang dapat diadili Pengadilan Tinggi, dakwaan tersebut dibacakan dan dijelaskan kepadanya di Pengadilan Magistrat pada tanggal 18 Agustus 2023 dan dia dikembalikan ke penjara,” kata Jacqueline Okui, juru bicara kantor direktur penuntut umum dilansir Reuters.

Okui tidak memberikan keterangan jelas mengenai kasus tersebut. Termasuk alasan terdakwa dituduh melakukan homoseksualitas yang parah. 

Justine Balya, pengacara terdakwa mengungkapkan, empat orang lainnya telah didakwa berdasarkan undang-undang tersebut. Kliennya menjadi orang pertama yang diadili karena homoseksualitas. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut