get app
inews
Aa Read Next : Tak Ada Ampun, Vietnam Hukum Mati Taipan Cantik Koruptor Rp660 Triliun

Sah, Uganda Berlakukan Hukuman Mati bagi Pelaku LGBT

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:17 WIB
header img
Uganda resmi menerapkan hukuman mati bagi pelaku LGBT. (foto: ilustrasi/ist)

KAMPALA, iNewsKutai.id - Uganda resmi memberlakukan hukuman mati bagi pelaku seks menyimpang, lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Undang-undang (UU) Anti-Homoseksualitas itu resmi berlaku setelah ditandatangani Presiden Uganda Yoweri Museveni.

Awalnya, dalam RUU hanya diusulkan hukuman 20 tahun penjara bagi yang mengidentifikasi diri sebagai LGBT. Namun, Museveni mengembalikannya draft RUU ke Parlemen pada akhir April untuk direvisi.

Ketua Parlemen Uganda Anita Annet Among menyatakan jika negara berdiri teguh untuk membela budaya, nilai dan aspirasi rakyat dengan hukum

"UU ini mengakomodasi keprihatinan (dari) rakyat kami dan membuat undang-undang untuk melindungi kesucian keluarga,” kata Anita Annet Among, dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (29/5/2023). 

Anggota Parlemen mendorong penegak hukum melaksanakan mandat dan memastikan Undang-Undang Anti-Homoseksualitas ditegakkan dengan adil, teguh, serta tegas. 

Meski demikian, ada aturan yang longgar terhadap warga yang mengidentifikasi diri sebagai LGBT tanpa terlibat dalam tindakan homoseksual tidak akan dikriminalisasi. Hukuman mati hanya berlaku bagi tindakan homoseksualitas yang diperburuk yang mencakup berhubungan seks dengan anak di bawah umur, berhubungan seks saat HIV positif, dan inses. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut