get app
inews
Aa Read Next : Truk Trailer Rem Blong Tabrak 13 Kendaraan di Exit Tol Bawen, 3 Orang Tewas Belasan Luka

Langganan Truk Rem Blong, Ini Deret Kecelakaan Maut di Simpang Muara Rapak Balikpapan

Jum'at, 21 Januari 2022 | 13:20 WIB
header img
Kecelakaan maut di simpang Muara Rapak Kota Balikpapan, Jumat (21/1/2022). (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNews.id - Kecelakaan maut kembali terjadi di persimpangan Muara Rapak, Kota Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi. Sebuah truk kontainer mengalami rem blom dan menghantam  sedikitnya 6 mobil dan 14 sepeda motor yang di depannya.

Ini menjadi kecelakaan terparah yang terjadi di persimpangan Muara Rapak. Selama ini, kawasan tersebut memang dikenal sebagai wilayah rawan lakalantas dan kerap merenggut korban jiwa.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan: Truk Kontainer Rem Blong Seruduk Puluhan Kendaraan, 5 Orang Tewas

Kontur jalan yang menurun dan maraknya truk pengangkut kontainer yang lalu lalang pada jam sibuk menjadi salah satu pemicu. Dari data yang dihimpun iNewsKutai, insiden melibatkan truk kontainer sebelumnya juga terjadi pada 6 Desember 2021 lalu.

Saat itu, sebuah truk dari arah Pelabuhan Kariangau menuju Kampung Baru mengalami rem blong dan baru berhenti setelah menghantam pembatas jalan di depan Mapolsek Balikpapan Utara. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Kejadian serupa di TKP juga tercatat pernah terjadi pada 31 Maret 2009 silam ketika sebuah truk menyeruduk empat mobil dan lima motor. Akibatnya, tiga orang tewas dalam insiden tersebut.

Baca juga: Kronologis Kecelakaan Truk Kontainer Rem Blong yang Tewaskan 5 Orang di Balikpapan

Selanjutnya, pada 4 Desember 2011 di mana enam mobil dan 3 sepeda motor dihajar truk yang sedang mengalami rem blong. Meski tidak mengakibatkan korban jiwa, belasan orang mengalami luka berat.

Tidak hanya truk, kecelakaan di persimpangan ini juga pernah melibatkan angkot pada Februari 2019. Seorang pejalan kaki tewas tertabrak saat hendak menyeberang jalan.

Kecelakaan yang menewaskan 5 orang dan melukai belasan lainnya menjadi yang terparah sejauh ini. Hingga saat ini, penyelidikan awal polisi menyatakan jika kecelakaan dipicu akibat rem blong truk kontainer.

"Truk ini berangkat dari Karang Joang mau mengantar muatan ke Kampung Baru. Di jalan sudah mulai bermasalah rem nya tapi tidak mampu diatasi sopir dan akhirnya menabrak puluhan kendaraan di lampu merah Muara Rapak," jelas Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Sonny Irawan, Jumat (21/1/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut