get app
inews
Aa Read Next : Inflasi Kalimantan Timur pada Januari 2,95 Persen, Ini Penyebabnya

8 Provinsi Terkaya di Indonesia, Kalimantan Timur Urutan Berapa?

Jum'at, 22 September 2023 | 13:43 WIB
header img
Delapan provinsi terkaya di Indonesia berdasarkan jumlah APBD. (foto: ilustrasi/dok MPI)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Provinsi terkaya di Indonesia menarik diulas. Hal ini dikarenakan pendapatannya mencapai puluhan triliun rupiah per tahun. Hal itu tergambar dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Mengacu pada data Badan Pusat Statistk (BPS) tentang realisasi pendapatan pemerintah provinsi seluruh Indonesia tahun 2022, ada delapan provinsi yang masuk kategori terkaya.

Provinsi kaya ini tidak mengandalkan pendapatan dari berbagai sektor seperti sumber daya alam, pertanian, hingga pusat bisnis. Dirangkum dari data BPS, berikut 8 provinsi terkaya di Indonesia.

Provinsi Terkaya di Indonesia

1. DKI Jakarta 

Di urutan pertama ada DKI Jakarta. Berdasarkan data, pendapatan daerah Jakarta mencapai Rp77,45 triliun pada tahun 2022. Hal ini tidak lepas dari perannya sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan Indonesia.

2. Jawa Barat 

Selanjutnya ada Jawa Barat. Pada tahun anggaran 2022, APBD provinsi terpadat di Indonesia itu mencapai Rp31,54 triliun. Strukturt APBD itu terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai Rp 22,9 triliun dengan kontribusi pendapatan terbanyak berasal dari Pajak Daerah senilai Rp21,1 triliun. 

3. Jawa Timur 

Provinsi paling ujung sebelah timur Pulau Jawa pada tahun 2022 memiliki APBD sebesar Rp27,64 triliun. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut