get app
inews
Aa Read Next : Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Hasil Survei Capres Terbaru: Duet Ganjar-Mahfud MD Paling Berpeluang Menangkan Pilpres 2024

Jum'at, 29 September 2023 | 06:01 WIB
header img
Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo - Mahfud MD paling berpeluang dalam memenangkan pilpres 2024. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo - Mahfud MD paling berpeluang dalam memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2024 dibanding kandidat lainnya.

Hal tersebut tergambar dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang digelar khusus di Jawa Timur. Dalam survei yang digelar 20-22 September 2023 tersebut, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud mencapai 45%.

Tingkat keterpilihan tersebut jauh lebih tinggi dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 12%, dan Prabowo Subianto yang disimulasikan berpasangan dengan Erick Thohir dengan elektabilitas 28%.

Dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode Kekuatan Anies-Muhaimin di Jawa Timur yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV, Kamis (28/9/2023) tersebut, juga tergambar masih ada 14% pemilih di Jatim yang belum menentukan pilihan.

Dalam pemaparannya, Saiful Mujani menyatakan jika duet Anies-Muhaimin yang didukung Nasdem dan PKS tidak diperkirakan oleh pengamat maupun lembaga survei sebelumnya. 

Pilihan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berpasangan dengan Anies merupakan perkembangan baru dalam sejarah pilpres langsung di Indonesia. 

Menurutnya, jika terjadi perubahan di Jawa Timur karena ada efek deklarasi Anies-Muhaimin, kemungkinan di wilayah lain juga akan terjadi pergeseran politik. 

"Sebaliknya kalau di Jawa Timur saja yang merupakan basis PKB dan Muhaimin tidak mengalami kemajuan, sulit untuk membayangkan akan terjadi perubahan yang signifikan di tempat yang lain," katanya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut