get app
inews
Aa Read Next : Kaki Bengkak Akibat Asam Urat, Ini Cara Mengatasinya Tanpa Harus ke Dokter

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, 8 Jenis Ikan Ini Tinggi Purin Pemicu Asam Urat

Senin, 30 Oktober 2023 | 08:03 WIB
header img
Jenis ikan tinggi purin yang bisa memicu asam urat. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Asam urat sangat erat kaitannya dengan asupan makanan. Salah satunya adalah ikan yang selama ini dianggap sehat namun bisa memicu asam urat.

Asam urat adalah bentuk umum dari radang sendi yang sangat menyakitkan. 
Dilansir dari Express, Senin (30/10/2023),  asam urat menyerang satu sendi pada satu waktu dan seringkali pada sendi jempol kaki. 

Asam urat berkaitan dengan zat purin yang banyak terkandung dalam makanan. Salah satunya ikan tertentu yang dapat memicu gejala asam urat . 

Menurut The Arthritis Foundation (AF), senyawa purin, baik yang diproduksi oleh tubuh atau berasal dari makanan yang kaya purin, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Kadar asam urat yang tinggi dapat menghasilkan kristal asam urat yang menumpuk di jaringan lunak dan persendian, menyebabkan gejala asam urat yang sangat menyakitkan.

Bagi penderita asam urat, penting untuk membatasi konsumsi makanan yang kaya purin. Beberapa jenis ikan yang tinggi purin yang perlu dihindari mencakup:

1. Teri
2. Sarden
3. Codfish
4. Scallop
5. Trout
6. Haddock
7. Herring
8. Remis

Meskipun makanan ini mengandung purin, penting untuk diingat bahwa manfaat kesehatan secara keseluruhan dari mengonsumsi ikan mungkin lebih besar daripada risikonya bagi penderita asam urat. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut