Logo Network
Network

Bendungan Kapasitas 10 Juta Meter Kubik Pasok Air Bersih IKN Nusantara 

Mukmin Azis
.
Kamis, 27 Januari 2022 | 14:05 WIB
Bendungan Kapasitas 10 Juta Meter Kubik Pasok Air Bersih IKN Nusantara 
Bendungan Sepaku Semoi yang akan menjadi sumber air bersih IKN Nusantara. (foto: Kemen PUPR)

PENAJAM PASER UTARA, iNewsKutai.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo bersama enam wakil ketua MPR meninjau proses pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, , Kamis (27/1/2022). 

Bendungan berkapasitas 10 juta meter kubik ini akan menjadi sumber air bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nanti. Infrastruktur ini juga berfungsi mereduksi potensi banjir hingga 55 persen di kawasan Sepaku.

"Bendungan Sepaku Semoi ini akan mengaliri di Kabupaten Penajam Paser Utara ini dan kawasan IKN nanti," kata Bambang Soesatyo. 

Dia mengatakan, pemerintah akan berupaya Bendungan Sepaku Semoi bisa selesai Desember 2022. Dengan demikian persediaan air di bendungan itu bisa mengaliri di kawasan IKN yang diberi nama Nusantara. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat rampung pada Desember 2023. Pembangunan konstruksi Bendngan Sepaku Semoi telah berjalan sejak Juli 2020. 

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berada di bawah tanggung jawab Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, dengan anggaran Rp556 miliar. Kontraktor pelaksana adalah PT Brantas Abipraya-PT Sacna-PT BRP (KSO).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.