get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

ASN Dapat Rusun Tipe 98 di IKN Nusantara, Kementerian PUPR: Siap Huni, Sisa Bawa Baju 

Jum'at, 10 November 2023 | 09:18 WIB
header img
ASN yang pindah ke IKN Nusantara akan mendapatkan hunian berupa rumah susun (rusun) seluas 98 meter persegi. (foto: ilustrasi/ikn nusantara)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mendapatkan hunian berupa rumah susun (rusun) seluas 98 meter persegi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menargetkan pembangunan rusun untuk ASN Hankam rampung akhir 2024 mendatang. 

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, pemerintah memastikan ASN Hankam yang bertugas di IKN Nusantara mendapat hunian yang layak. Mereka akan mendapatkan rusun seluas 98 meter persegi.

"Rusun untuk ASN Hankam didesain bangunan hijau, dan tentunya unit hunian yang nyaman karena dilengkapi dengan meubelair di dalamnya. ASN tinggal masuk membawa pakaian," jelas Iwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11/2023). 

Iwan menuturkan, sebanyak 47 Tower rusun ASN-Hankam berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektar.

Setiap tower dibangun setinggi 12 lantai. Sebanyak 10 lantai digunakan untuk hunian dan lantai 1 serta 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dsb).

Secara keseluruhan dari 47 tower rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya. 

Rusun untuk ASN sebanyak 31 tower dengan jumlah 1.860 unit yang bisa menampung 5.580 orang. Kemudian rusun Hankam terdiri atas 7 rusun untuk personel Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Kemudian 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit menampung 2.880 personel.  

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut