get app
inews
Aa Read Next : Serangan Hari Pertama ke Wilayah Palestina, Militer Israel Rebut Pintu Perbatasan Rafah

Organ Tubuh Puluhan Jenazah Warga Palestina Hilang, Diduga Dicuri Pasukan Israel

Jum'at, 01 Desember 2023 | 13:32 WIB
header img
Organ tubuh puluhan jenazah warga Palestina hilang diduga dicuri pasukan Israel. (foto: al jazeera)

JALUR GAZA, iNewsKutai.id - Organ tubuh puluhan jenazah warga Palestina hilang atau tidak lengkap. Organ seperti jantung, hati, dan ginjal diduga dicuri pasukan Israel.

Dugaan tersebut dilontarkan Euro-Med Human Rights Monitor yang mengkhawatirkan kemungkinan pencurian organ tubuh warga Palestina. Tudingan ini dikuatkan dengan laporan tenaga medis yang memeriksa mayat setelah diserahkan pasukan Israel.

Euro-Med Human Rights Monitor mengklaim mendokumentasikan pasukan Israel menyita puluhan mayat dari rumah sakit al-Shifa dan Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara, serta rumah sakit lain di selatan. 

Tenaga medis di Gaza dilaporkan menemukan organ vital seperti ginjal, hati, jantung, koklea dan kornea, hilang. Euro-Med Monitor menyebut ini menjadi bukti kuat potensi pencurian organ. 

Militer Israel bahkan menggali dan menyita mayat yang sudah 10 hari di makamkan di kuburan massal di halaman Rumah Sakit al-Shifa. 

Euro-Med Human Rights Monitor pun menyerukan penyelidikan internasional yang independen atas dugaan pencurian mayat tersebut pada Minggu (26/11/2023).

Sekadar diketahui, Israel dianggap sebagai pusat terbesar perdagangan ilegal organ tubuh manusia secara global berdasarkan investigasi jaringan CNN Amerika pada 2008 silam. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut