get app
inews
Aa Read Next : Polsek Kota Bangun Ringkus 3 Pengedar Narkoba dalam Sepekan, 54 Paket Sabu Disita

Kepergok Warga, Pencuri Sarang Burung Walet Babak Belur Diamuk Massa

Rabu, 06 Desember 2023 | 16:26 WIB
header img
Tersangka M babak belur dihajar warga setelah kepergok warga mencuri sarang burung walet di Desa Perian, Muara Muntai, Kutai Kartanegara. (foto: ist)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - M (34) warga Desa Lebak Cilong RT 005 Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara nyaris menemui ajalnya setelah diamuk warga lantaran kepergok membobol rumah burung walet.

M tertangkap basah melakukan pencurian sarang burung walet di Desa Perian Kecamatan Muara Muntai pada Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 03.00 WITA.

Kapolsek Muara Muntai Iptu Wahid menjelaskan, pelaku melakukan pencurian dengan menjebol dinding kayu rumah walet milik Aripandi. Namun, aksi tersebut ketahuan putra korban yang sedang berjaga.

Sadar terjadi pencurian, korban kemudian memanggil warga lain dan mengepung rumah walet sehingga pelaku tidak bisa melarikan diri.

"Aksi pencurian ini langsung dilaporkan ke Polsek Muara Muntai. Pelaku menjebol dinding kayu dan menjarah sarang walet di dalamnya namun ketahuan pemiliknya," jelas Iptu Wahid, Rabu (6/12/2023). 

Apesnya, sebelum polisi tiba, pelaku yang bersembunyi di balik pintu rumah walet terlebih dulu ditangkap warga. Geram karena sering terjadi pencurian sarang walet, warga yang marah langsung menghakimi pelaku.

Pelaku dihajar sampai babak belur hingga akhirnya polisi tiba. Tersangka M kemudian dilarikan ke Puskesmas untuk mendapat pertolongan medis.

"Dari tangan tersangka disita barang bukti hasil curian berupa 68 buah sarang walet yang diperkirakan seberat 3 kilogram beserta alat yang digunakan melakukan pencurian," ucapnya.

Saat ini, pelaku sudah ditahan di Mapolsek Muara Muntai. M langsung ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 3 dan ke 5 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut