get app
inews
Aa Read Next : Waspada, Kasus Covid-19 di Kalimantan Timur Kembali Meningkat

Kementerian Kesehatan Imbau Masyarakat Kembali Pakai Masker, Ada Apa?

Rabu, 06 Desember 2023 | 19:31 WIB
header img
Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat kembali mengenakan masker saat berada di keramaian. (Foto: ilustrasi/freepik)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat kembali menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Imbauan ini menyusul peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia.

Berdasarkan data, jumlah kasus Covid-19 meningkat hingga 80 persen. Tidak hanya itu, Kemenkes juga menemukan tiga kasus mycoplasma pneumonia di DKI Jakarta. 

Temuan ini membuat Kemenkes merekomendasikan untuk kembali mengencangkan masker khususnya bagi kelompok rentan, seperti lansia, anak-anak, orang dengan komorbid, serta mereka yang memiliki imunitas tubuh lemah. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, masyarakat diimbau mengenakan masker terutama ketika berada di keramaian. 

Selain itu, orang yang sedang sakit diharuskan mengenakan masker ketika keluar rumah.

"Kalau sedang sakit, pakai masker termasuk jika berada di keramaian," ujarnya Rabu (6/12/2023). 

Nadia mengatakan, anak-anak menjadi kelompok paling rentan pada kasus mycoplasma pneumonia. Sebagai pencegahan penyakit, anak-anak perlu diajarkan kembali memakai masker di sekolah.

Pesan pencegahan juga disampaikan Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Ngabila Salama. 

"Perilaku hidup bersih dan sehat harus kembali diperketat termasuk pakai masker ketika berada di tempat ramai dan dalam waktu yang lama seperti di sekolah," kata Ngabila.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut