get app
inews
Aa Read Next : Curi Motor di Parkiran Minimarket, Residivis Kambuhan Kembali Ditangkap Polisi

Bahaya Konsumsi Makanan Panas, Memicu Kerusakan Gigi hingga Kanker Tenggorokan 

Sabtu, 16 Desember 2023 | 12:37 WIB
header img
Bahaya mengonsumsi makanan panas bagi kesehatan. (Foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id – Mengonsumi makanan panas tidak disarankan karena membahayakan kesehatan. Kebiasaan buruk ini bahkan bisa memicu gangguan kesehatan serius.

Mengonsumsi makanan saat masih panas memang memberikan sensasi lebih nikmat dan menggugah selera. Bahkan, konsumsi makanan panas saat ini menjadi tren di masyarakat. 

Padahal, dari sudut pandang medis, konsumsi makanan saat panas bisa membahayakan. Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan, mengonsumsi makanan panas dapat menyiksa seseorang dan melukai area mulut. 

 “Yang pertama adalah luka bakar pada area lidah dan juga rongga mulut,” kata dr Nadia, dikutip dalam akun TikToknya @nadialaydrus, Sabtu (16/12/2023). 

Makanan panas bisa membuat lidah melepuh kemudian terbakar sehingga memunculkan sariawan dan rasa tidak nyaman pada bagian lidah. 

Kebiasaan buruk ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan atau kanker esofagus. Suhu terlalu tinggi bisa berdampak pada saluran pencernaan bagian atas yaitu di area rongga mulut yang kemudian turun ke kerongkongan sehingga menyebabkan inflamasi dan memicu terjadinya kanker. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut