get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

3.246 ASN Pindah ke IKN Nusantara Mulai Juli 2024

Minggu, 17 Desember 2023 | 13:11 WIB
header img
Sebanyak 3.246 ASN akan mulai bertugas di IKN Nusantara pada Juli 2024. (Foto: ilustrasi/setkab)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) akan memulai mobilisasi Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai Juli 2024.

Tahap pertama, sebanyak 3.246 ASN akan mulai bertugas di ibu kota baru. Menpan-RB  Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan infrastruktur dan hunian.

"ASN yang dipindahkan pada tahap pertama berasal dari 37 Kementerian/Lembaga (K/L). Sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka," ungkap Azwar Anas dalam keterangan tertulisnya dikutip, Minggu (17/12/2023). 

Azwar mengatakan, pemindahan ASN bukan hanya sekadar relokasi fisik, tetapi juga transformasi budaya kerja dan pelayanan publik. Dia meminta setiap K/L mempersiapkan SDM yang akan pindah sesuai kebutuhan jabatan dan layanan berdasarkan kompetensi masing-masing.

"Pemindahan ASN ke IKN melibatkan berbagai upaya termasuk transformasi cara kerja atau simplifikasi proses bisnis, pelaksanaan pemerintahan digital, penataan manajemen ASN, dan penguatan koordinasi antar institusi, terutama pelibatan ASN pemda penyangga IKN,"ujarnya.

Menurutnya, pemindahan ASN ke IKN merupakan langkah strategis dalam memperkuat administrasi publik dan mendukung visi pembangunan nasional. Pemindahan IKN sekaligus menjadi momentum penerapan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. 

"Dengan koordinasi yang baik antara pemerintah, aparatur negara, dan berbagai pihak terkait, diharapkan pemindahan ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut