get app
inews
Aa Read Next : Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini di Malam Hari, Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

Penikmat Kopi Tapi Lambung Sensitif Kafein? Ini Solusi dari Barista Mikael Jasin

Jum'at, 04 Februari 2022 | 07:10 WIB
header img
Memilih jenis kopi penting untuk penderita masalah lambung. (foto: dok)

JAKARTA, iNewsKutai - Kafein menjadi kandungan utama pada kopi. Ini yang membuat minuman berbahan baku biji-bijian itu menjadi favorit banyak orang. Bahkan, budaya minum kopi sudah tak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. 

Namun tidak sedikit yang berusaha membatasi bahkan menghindari karena bermasalah dengan lambung. Salah satu barista di Indonesia, Mikael Jasin memiliki tips bagi mereka yang memiliki penyakit lambung, yaitu  memerhatikan jenis kopi yang dikonsumsi. 

“Sebenarnya yang bikin sakit maag itu bukan asam dari rasa, melainkan dari komposisi kimiawi. Tiap jenis kopi punya kadar kafein berbeda-beda, seperti robusta lebih tinggi dibanding arabika," ujar Mikael Jasin di Jakarta.

Menurut Mikael, penderita kondisi asam lambung baiknya mengonsumsi kopi-kopian jenis arabika jika ingin tetap ikut nongkrong santai bersama kawan-kawan di kedai kopi.  Namun, bagaimana jika lambung tetap tak kuat? Jangan khawatir, bisa tambah susu berbasis tanaman alias susu nabati. 

“Susu nabati, terutama oat, punya kadar karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat ini bisa menyerap beberapa kandungan kafein dan bikin kopi lebih aman di lambung dibandingkan dengan minum kopi saja atau kopi susu hewani,” katanya.

Campuran kopi dan susu, juga dikenal dengan nama latte, kini menjadi pilihan yang paling sering dijumpai di kedai-kedai kopi ternama. Bagi Anda yang punya masalah lambung, tak ada salahnya mulai meminta barista kenalan Anda untuk menyediakan susu oat untuk pelanggan lain dengan kondisi serupa. 

Tak perlu takut mati gaya, kini susu nabati sudah menjadi tren baru di kalangan melek lingkungan hidup karena proses produksinya yang lebih ramah lingkungan. Keren, kan, bisa tetap nongkrong dengan gaya sembari menjaga tubuh dan alam sekitar.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut