get app
inews
Aa Read Next : Kentang Goreng dan Deret Camilan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini di Malam Hari, Bisa Mengganggu Kualitas Tidur

Senin, 08 Januari 2024 | 20:32 WIB
header img
Kentang goreng adalah salah satu makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi pada malam hari karena bisa mengganggu kualitas tidur. (foto: ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kualitas tidur erat kaitannya dengan pola makan terutama pada malam hari. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memengaruhi kualitas tidur.

Beberapa jenis makanan dapat menyulitkan tidur atau bahkan membuat tidur menjadi tidak nyaman. Keadaan ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, memengaruhi produktivitas aktivitas pada hari berikutnya.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang memahami hal ini. Banyak yang menganggap semua jenis makanan sama, tanpa menyadari pengaruhnya terhadap kualitas tidur. 

Karena itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk kualitas tidur dan sebaiknya dihindari. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kopi

Makanan atau minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada malam hari adalah kopi. Kafein dalam kopi dapat membantu menjaga kewaspadaan tubuh, tetapi sebaiknya hindari minum kopi enam jam sebelum tidur.

Konsumsi kopi kurang dari enam jam sebelum tidur dapat berdampak negatif pada kualitas istirahat malam. Para peneliti menyarankan untuk membatasi minum kopi agar tidur tetap nyenyak.

2. Permen

Gula dalam permen mungkin tidak membuat Anda terlalu aktif, tetapi dapat meningkatkan gula darah. Hindarilah makanan manis sebelum tidur, karena penelitian pada 2022 menunjukkan bahwa pola makan tinggi gula dapat berdampak buruk pada durasi tidur.

3. Minuman Berenergi

Minuman berenergi merupakan musuh utama tidur. Kandungan stimulan alami dan sintetis dalam minuman ini justru dapat menghambat ketenangan tubuh. Penelitian tahun 2019 menemukan hubungan signifikan antara konsumsi minuman berenergi dan kualitas tidur yang buruk. 

Jika Anda memilih untuk mengonsumsi minuman berenergi seperti Red Bull atau Rockstar, sebaiknya lakukan setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut