get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Dibangun di IKN Nusantara, Masjid Negara Mampu Tampung 61.000 Jamaah

Kamis, 18 Januari 2024 | 08:38 WIB
header img
Masjid Negara dibangun di IKN Nusantara dan diproyeksikan mampu menampung 61.000 jamaah. (foto: ilustrasi/dok)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara resmi dimulai. Groundbreaking masjid yang mampu menampung 61.000 jamaah ini dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/1/2024).

Jokowi dalam sambutannya mengatakan, masjid ini didesain dikelilingi air dan bakal menjadi tempat ibadah yang sangat indah dari luar dan dalam. Masjid ini menelan anggaran Rp 940 miliar dan ditargetkan rampung akhir 2024.

"Masjid ini akan dikelilingi air dan dibuat embung buatan sehingga saya membayangkan masjid ini akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam," kata Jokowi.

Tidak hanya masjid, Jokowi memastikan sejumlah tempat ibadah agama lain bakal didirikan di IKN Nusantara. Hal ini sebagai wujud dari kamajemukan Indonesia yang terdiri dari beragam agama.

"Bukan hanya masiid yang dibangun tetapi juga gereja katedral, wihara, pura, klenteng. Yang ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita," ucapnya.

Jokowi berharap, Masjid Negara IKN bisa menjadi simbol moderasi beragama di IKN dan bisa menjadi contoh pembangunan masjid di dunia.

"Saya berharap masjid negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Tempat yang nyaman bagi umat muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut