get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Jalan Tol Fungsional Juli 2024, Balikpapan-IKN Bisa Ditempuh 40 Menit

Selasa, 23 Januari 2024 | 08:18 WIB
header img
Jalan tol menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan mulai beroperasi Juli 2024. (foto: ilustrasi/abriandi)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jalan tol menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan mulai beroperasi Juli 2024. Akses ini akan menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan Kota Balikpapan

Jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh kedua wilayah menjadi 40 menit. Semula, akses menuju IKN melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak 95 km. Jika tol ini beroperasi, jarak tempuh tersisa 57 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, jaringan jalan ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan KIPP IKN di Penajam Paser Utara yang melintasi Jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

"Jalan Tol IKN ini harus lebih baik kualitasnya dibandingkan jalan tol lain yang sudah kita bangun. Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk Tahap 1 dan bisa dioperasikan,” jelas Basuki dalam keterangan dikutip Selasa (23/1/2024). 

Pembangunan Jalan Tol IKN saat ini sudah berjalan pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48 persen.

Kemudian Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 57 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67 persen. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut