get app
inews
Aa Read Next : Helikopter Wisata Jatuh di Bali, Baling-baling Terlilit Tali Layang-layang

Profil Presiden Iran Ebrahim Raisi: Penentang Utama AS, Sahabat Rusia

Senin, 20 Mei 2024 | 16:09 WIB
header img
Profil Ebrahim Raisi, presiden Iran meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (19/5/2024). (foto: irna)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ebrahim Raisi, presiden Iran meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Minggu (19/5/2024). Tokoh berusia 63 tahun itu dikenal sebagai penentang keras Amerika Serikat (AS)

Ebrahim Raisi mulai menjabat sebagai presiden sejak 2021 setelah memenangkan pemilu yang ketat. Sosoknya keras dan tak kenal kompromi terhadap musuh-musuh negara, termasuk soal perjanjian nuklir. 

Sikap keras Raisi tidak lepas dari latar belakangnya sebagai jaksa ketika mulai dikenal dalam politik Iran. Raisi menjadi salah satu anggota panel hakim yang mengawasi eksekusi ratusan tahanan politik di Teheran pada 1988. 

Karir Raisi menanjak dengan menjabat Wakil Ketua Lembaga Kehakiman selama 10 tahun sebelum diangkat menjadi Jaksa Agung pada 2014. Dia juga merupakan tokoh ulama Syiah di Iran yang ditunjuk oleh Ayatollah Khamenei sebagai kepala pengadilan pada 2019. 

Setelah itu, dia juga ditunjuk sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar, badan ulama yang beranggotakan 88 orang. Raisi bertanggung jawab untuk memilih Pemimpin Tertinggi berikutnya.

Pada pemilu 2021, kemenangannya sudah diprediksi. Rival-rival politiknya dari kelompok konservatif dan moderat didiskualifikasi oleh badan pengawas. Praktis, semua institusi pemerintah Iran berada di bawah kendali kelompok garis keras yang setia kepada pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Kharismanya membuat Raisi disebut-sebut sebagai calon pengganti Khamenei kelak. 

Kelompok-kelompok garis keras Iran menjadi semakin berani sejak AS menarik seluruh pasukan dai negara tetangganya, Afghanistan, pada Agustus 2021.

Sebelumnya, Raisi mendapat dukungan penuh dari Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei menarik diri dari kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) pada 2018.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut