get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Bandara IKN Nusantara Khusus untuk Pejabat, Tamu Negara dan Militer

Senin, 21 Februari 2022 | 18:42 WIB
header img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau lokasi bandara IKN Nusantara, Senin (21/2/2022). (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai - Pemerintah akan membangun bandar udara baru untuk menunjang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bandara yang berada di luar kawasan inti ini dikhususkan bagi pejabat, tamu negara, dan keperluan militer.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kaltim Isran Noor seusai mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan pembangunan infrastruktur transportasi IKN Nusantara, di Sepaku, Penajam Paser Utara, Senin (21/2/2022).

"Tadi bersama Pak Menteri Perhubungan, kita melihat lokasi yang rencananya dibangun bandara di kawasan IKN Nusantara,” kata Isran dalam konferensi pers di VIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan.

Isran menguraikan, dengan alasan keamanan, bandara akan dibangun di luar kawasan inti IKN Nusantara. Istana Negara tidak boleh terlalu dekat dengan bandara yang dikhususkan bagi pejabat dan tamu VVIP serta digunakan untuk keperluan militer.

“Kira-kira kalau dihitung garis lurus berjarak sekitar 20 km dari titik nol atau istana negara,” ujarnya.

Selain itu, bandara di IKN akan terintegrasi dengan moda transportasi modern yang cerdas dan ramah lingkungan. “Tahun ini sudah dimulai kegiatannya berupa survei-survei," pungkasnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut