get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Panjang Runway Bandara IKN Nusantara 3.000 Meter, Bisa Didarati Pesawat Angkut Militer Airbus A400

Selasa, 22 Februari 2022 | 05:31 WIB
header img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kiri) meninjau rencana lokasi pembangunan bandara IKN Nusantara. (foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsKutai - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bandar udara yang akan dibangun untuk menunjang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memiliki panjang runway 3.000 meter.

Bandara ini bisa didarati pesawat berbadan lebar terbesar di dunia termasuk pesawat angkut militer kelas berat Airbus A400. Fasilitas ini juga akan dihubungkan akses tol dengan IKN Nusantara dan Kota Balikpapan.

“Bandara yang akan kita bangun dengan panjang runway 3.000 meter, akan bisa didarati pesawat jenis apapun, termasuk jenis Airbus A400,” jelas dalam konferens pers di VIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Senin (21/2/2022).

Budi Karya yang meninjau langsung lokasi rencana pembangunan bandara di IKN Nusantara mengaku terkesan. Menurut dia, pemilihan lahan sangat baik dan strategis karena terletak antara Kota Balikpapan dengan ibu kota baru.

“Tadi saya dengan Pak Isran terbang ke IKN untuk memastikan bandara yang akan kita bangun telah dilakukan penelitian, lokasinya sangat baik,” kata Menhub.

Bandara yang dibangun akan bertipe bandara internasional, sekaligus dapat digunakan keperluan militer dengan berkoordinasi TNI Angkatan Udara.

“Saya yakin ukuran yang sama dengan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta, dan pengalaman Indonesia dalam membangun bandara, Bandara IKN Nusantara akan bisa terwujud,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut