get app
inews
Aa Read Next : Tiga Paket Wisata Manjakan Peserta MTQ Nasional ke-30, Susur Sungai hingga Belajar Sejarah Kutai

Lima Pelajar Kaltim Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

Kamis, 13 Juni 2024 | 21:22 WIB
header img
Sebanyak 5 pelajar Kaltim lolos seleksi Paskibraka Nasional 2024. (foto: ist/diskominfo kaltim)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Sebanyak lima pelajar Kaltim terdiri dari tiga orang putra dan dua putri dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2024. 

Lima pelajar tersebut yakni Livenia Evelyn Kurniawan dari SMAK Santo Fransiskus Assisi Samarinda; Uqaila Nur Mahmudah dari SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang;  Gregorius Attara dari SMA Negeri 1 Sendawar Kutai Barat; Ananda Deni Pradana dari SMAN 4 Balikpapan; dan Sunnu Wahyudi asal SMKN 2 Sangatta utara, Kutai Timur.

Mereka merupakan hasil seleksi dari 42 pelajar yang berhasil lolos dalam penjaringan Seleksi Calon Paskibraka Provinsi Kaltim Tahun 2024. Proses seleksi Paskibraka Kaltim telah dilakukan pada 13-17 Mei 2024 lalu.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kaltim, Syarifuddin Noor menjelaskan, kelima pelajar tersebut telah diberangkatkan ke Jakarta pada Minggu, 9 Juni 2024 lalu. Mereka akan mengikuti proses seleksi Paskibraka Nasional di bawah binaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

"Kaltim memang diminta khusus oleh BPIP mengirim lima pelajar terbaik sebagai calon tim Paskibraka Nasional. Mungkin karena kita IKN, jadi mendapat keistimewaan," kata Syarif dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Kamis (13/6/2024).

Rencananya, upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia akan digelar secara hybrid di dua lokasi. Peringatan dipusatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Istana Negara Jakarta.

Hal ini membuat kebutuhan akan Paskibraka nasional lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut