get app
inews
Aa Read Next : Panduan dan Tata Cara Berkunjung ke IKN Nusantara untuk Umum, Wajib Daftar Online!

Kereta Otonom IKN Tiba di Balikpapan, Bakal Dijajal Peserta Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 79

Rabu, 31 Juli 2024 | 13:09 WIB
header img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kereta otonom IKN yang tiba di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. (foto: ist/dok kemenhub)

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART)  yang akan beroperasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sudah tiba di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Satu trainset yaitu Trem Otonom Norinco (CRRC Zuzhou) tiba sejak 26 Juli 2024. Satu rangkaian lagi yakni Trem Otonom CRRC Qingdao Sifang dijadwalkan tiba Rabu (31/7/2024) hari ini.

"Kareta otonom ini dijadwalkan masuk ke IKN pada 1 Agustus 2024 setelah proses percepatan kepabeanan selesai,"jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Rabu (31/7/2024).

Penampakan kereta otonom yang akan beroperasi di IKN Nusantara. (foto: ist/dok kemenhub)

Budi mengatakan, trem otonom akan diujicoba secara internal, lalu dilanjutkan dengan uji coba bersama Presiden Joko Widodo pada 5 Agustus 2024. Setelah itu, showcase akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

"Kita berharap kereta otonom sudah bisa beroperasi di IKN pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus nanti, sesuai arahan Presiden," ujar Budi.

Menurutnya, satu trainset kereta otonom tersebut memiliki tiga gerbong (cars) berkapasitas maksimal 302 penumpang. Kereta ini akan beroperasi searah jarum jam, dengan headway sekitar 5 menit.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut