get app
inews
Aa Read Next : Kolam Eks Galian Tambang di Kaltim sudah Telan 51 Jiwa, Mayoritas Anak-Anak

Waspada, Mayoritas Wilayah Kaltim Berpotensi Diguyur Hujan hingga 10 Agustus 2024

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 15:02 WIB
header img
BMKG Stasiun Samarinda memprakirakan secara umum wilayah di Kaltim mengalami hujan hingga 10 Agustus 2024. (foto: ilustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Samarinda memprakirakan secara umum wilayah di Kaltim mengalami hujan kategori rendah 0-50 mn dengan peluang lebih dari 80 persen pada dasarian I hingga 10 Agustus 2024 mendatang.

Dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Jumat (2/8/2024). BMKG memaparkan, untuk daerah Mahakam Ulu, sebagian wilayah Kutai Kartanegara, Kutai Timur bagian barat, Berau dan Kutai Barat bagian utara diprakirakan akan terjadi hujan dengan kategori menengah 50-150 mm dengan peluang mencapai >50 persen.

Pada prakiraan deterministik curah hujan Dasarian I Agustus 2024 secara umum wilayah Kalimantan Timur diprakirakan akan terjadi curah hujan dengan intensitas rendah berkisar 10-50 mm.

Curah hujan dengan intensitas menengah berkisar 50 – 100 mm diprakirakan terjadi di beberapa wilayah Kalimantan Timur, seperti sebagian Kutai Barat, Mahakam Ulu, Berau, Kutai Timur bagian barat dan Kutai Kartanegara bagian barat.

Untuk prakiraan deterministik sifat hujan wilayah Kaltim umumnya diprakirakan memiliki sifat hujan kategori normal hingga atas normal, yakni berkisar 85-150 persen.

Sedangkan wilayah yang diprediksi memiliki sifat hujan dengan kategori bawah normal berkisar 50-84 persen adalah wilayah sebagian kecil Kabupaten Kutai Kartanegara bagian timur, Samarinda bagian selatan dan Penajam Paser Utara bagian barat. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut