get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Pilih Ngantor di IKN Nusantara hingga Lengser, Begini Penjelasan Istana

Trem Otonom IKN Nusantara Diujicoba 10 Agustus 2024, Lewati Delapan Halte

Rabu, 07 Agustus 2024 | 10:38 WIB
header img
Trem otonom bakal diuji coba di IKN Nusantara pada 10 Agustus 2024 mendatang. (foto: kemenhub)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Trem Otonom (Autonomous Rail Transit/ART) atau kereta tanpa rel bakal diuji coba di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 10 Agustus 2024 mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menjelaskan, pihaknya tengah melakukan pengujian internal pada sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART. 

Pengujian internal ini ditargetkan rampung paling lambat 9 Agustus 2024.

"Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024," jelas Risal dalam keterangan tertulisnya dikutip Rabu (7/8/2024).

Rute pendek atau loop kecil yang akan dilewat trem otonom mulai dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Uji coba ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Fase uji coba tersebut dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, sejak uji coba dinamis. Pengujian dimaksudkan untuk mengetahui kelayakan operasi ART. 

Setelah itu akan dilakukan evaluasi bersama DJKA dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum pada 10 Oktober-31 Desember 2024.

"Trem otonom akan berhenti di delapan halte di sepanjang ruas utama KIPP dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu bus rapid transit (BRT)," pungkasnya.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut