get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Gempa Bumi M4,5 Guncang Kawasan Ibu Kota Negara Nusantara

Selasa, 01 Maret 2022 | 20:07 WIB
header img
Gempa bumi berkekuatan M4,5 mengguncang Kabupaten Paser. (Foto: ilustrasi)

BALIKPAPAN, iNewsKutai - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang kawasan sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tepatnya di wilayah Kabupaten Paser. Gempa terjadi sekitar pukul 15;30 Wita.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.94 LS dan 115.81 BT, atau tepatnya berlokasi 46 Km Barat Laut Paser pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal,"demikian bunyi pengumuman BMKG dikutip Selasa (1/3/2022).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kabupaten Paser dengan intensitas II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut. Dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Kepada masyarakat di wilayah Paser dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,"tambah pernyataan BMKG.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut