get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Luhut Ajak Arab Saudi Ikut Bangun Ibu Kota Negara Nusantara

Jum'at, 04 Maret 2022 | 08:29 WIB
header img
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Irfan Ma'ruf).

JAKARTA, iNewsKutai - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjajaki kemungkinan Arab Saudi terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Penjajakan itu dilakukan Luhut saat diterima Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz. Dalam pertemuan tersebut, keduanya menegaskan komitmen menjajaki peluang investasi antara lain dalam pembangunan IKN Nusantara, energi baru terbarukan, bidang lingkungan hidup, serta isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama. 

“Saya senang kunjungan ke Arab Saudi dapat berjalan dengan lancar. Pangeran Mohammed bin Salman juga menunjukkan sambutan yang sangat baik mengenai peluang investasi di berbagai bidang yang kita bahas,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022). 

Luhut menambahkan, dalam menjajaki peluang investasi di Indonesia, Pemerintah Arab Saudi beberapa waktu ke depan akan melakukan kunjungan balasan ke Indonesia. Menurutnya, hal ini sekaligus menjadi lanjutan dari kerja sama bilateral antara kedua negara. 

“Putra Mahkota menyampaikan rencananya untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo, sehingga saya rasa ini menjadi bentuk komitmen yang sangat baik dari beliau untuk membahas lebih lanjut berbagai peluang kerja sama. Selain itu Putra Mahkota juga menyampaikan bahwa bila Indonesia maju, maka Arab Saudi pun harus ikut maju," kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, Luhut juga bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid Al-Falih dan beberapa CEO perusahaan Arab Saudi untuk membahas realisasi sejumlah rencana investasi perusahaan Arab Saudi di Indonesia. 

“Ini sekaligus menjadi wujud dari sikap Indonesia yang terbuka dengan peluang investasi dari negara mana saja, selama hal itu membawa manfaat besar untuk bangsa kita. Semoga kesempatan ini jadi langkah yang baik untuk kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di berbagai bidang ke depannya,” ucap Luhut.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut