get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Ukraina Kena Prank Uni Eropa, Tak Jadi Pasok Jet Tempur untuk Lawan Rusia

Jum'at, 04 Maret 2022 | 09:06 WIB
header img
Tentara Rusia memasuki kota-kota Ukraina. Uni Eropa memastikan tidak akan memasok jet tempur ke Ukraina. (foto: reuters)

KIEV, iNewsKutai.id - Ukraina kembali mendapat pukulan di tengah invasi Rusia. Pernyataan Uni Eropa (UE) yang siap memasok jet tempur ke Ukraina untuk mempertahankan diri ternyata prank alias bohong belaka. 

Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Dia menyatakan, anggota Uni Eropa tidak akan meminjamkan jet tempur untuk perang di negara itu. 

Padahal, Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell sempat membuat Ukraina besar kepala setelah menjanjikan paket bantuan senilai 450 juta Euro untuk Kiev. Paket ini mencakup jet-jet tempur dan berbagai senjata mematikan yang rencananya dipasok melalui Polandia. 

"Tentu saja, kami akan memasok senjata...kami bahkan akan menyediakan jet tempur. Kami tidak hanya berbicara tentang amunisi,” kata Borrell kepada wartawan awal pekan ini.

Alexandre Krauss, penasihat senior Parlemen Uni Eropa, pada hari yang sama juga men-tweet bahwa jet Eropa akan tiba di Ukraina dalam waktu satu jam. Namun, tweet itu sekarang dihapus. Stoltenberg memberi penegasan bahwa anggota NATO tidak akan ambil bagian secara langsung dalam konflik Rusia dan Ukraina. 

“Sekutu NATO memberikan berbagai jenis dukungan militer: material, senjata anti-tank, sistem pertahanan udara dan jenis peralatan militer lainnya untuk Ukraina, bantuan kemanusiaan dan juga dukungan keuangan. Tapi NATO tidak menjadi bagian dari konflik,” katanya dalam penampilan bersama dengan Presiden Polandia Andrzej Duda di sebuah pangkalan udara negara itu. 

"Aliansi tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina atau memindahkan pesawat ke wilayah udara Ukraina," imbuh Stoltenberg, seperti dikutip Air Force Time, Rabu (2/3/2022). 

Presiden Duda menambahkan bahwa mengirim jet ke wilayah udara Ukraina—yang cukup mirip dengan pesawat tempur MiG-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker Ukraina—akan sama dengan campur tangan militer dalam invasi Rusia ke negara itu. 

Kevin Nieberg, juru bicara Komando Udara Sekutu NATO, menolak untuk mengonfirmasi klaim jet tempur pinjaman untuk Kiev. "Angkatan Udara AS sejauh ini tidak memiliki rencana untuk mengirim pesawat tempurnya guna mengisi jet NATO yang ditawarkan ke Ukraina," katanya. 

“Polandia dan sekutu NATO meningkatkan dukungan politik dan praktis mereka ke Ukraina karena terus mempertahankan diri terhadap invasi skala penuh Rusia,” kata Nieberg. 

Presiden Rusia Vladimir Putin sudah mengeluarkan ancaman bagi setiap negara yang ikut campur dalam konflik Moskow dan Kiev. Ancaman ini yang diduga membuat Uni Eropa berpikir ulang untuk memasok jet tempur kepada Kiev.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut