get app
inews
Aa Read Next : Belajar Otodidak dari YouTube, Mekanik Bengkel di Samarinda Rakit Senjata Api

Rutin Upload Video Witan dan Egy, Youtube FK Senica Raih Rp186 Juta per Bulan

Selasa, 08 Maret 2022 | 17:32 WIB
header img
Perekrutan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman berdampak pada peningkatan pendapatan FK Senica. (foto: fk senica)

SENICA, iNewsKutai.id - Youtube FK Senica menjadi mesin penambang uang setelah rutin mengupload aktivitas Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Tidak tanggung-tanggung, pendapatannya mencapai 13.000 dollar atau sekitar Rp186 juta per bulan.

Perekrutan kedua bintang timnas Indonesia itu memang mendatangkan keuntungan berlimpah bagi FK Senica. Salah satunya yang paling berpengaruh besar adalah pada medsos terutama dari Youtube. Dampak yang paling terlihat adalah pada jumlah pengikut serta tayangan pada setiap video. 

Akun Youtube klub tersebut telah di-subscribe oleh 116 ribu warganet. Mereka juga mengalami peningkatan dari jumlah tayangan. Misalnya saja, akun klub itu mencatatkan 3,3 juta penonton di kanal mereka.

Menariknya, video yang menampilkan Egy dan Witan memiliki viewer terbanyak. Bahkan, salah satu video yang menampilkan pemain asal Indonesia itu mendapatkan 2,6 juta viewers. 

Padahal, video itu baru diunggah empat bulan lalu. FK Senica tentu saja sadar dengan hal itu. Klub pun rajin mengunggah video terkait dengan penampilan Egy dan Witan di atas lapangan. Hasilnya, tentu saja video-video tersebut menjaring banyak viewers.

Strategi itu berdampak bagus pada keuangan tim. Dilansir dari situs Social Blade, akun Youtube FK Senica bahkan mendapatkan dana segar sebesar 13 ribu dollar AS atau Rp186 juta setiap bulannya hanya dari adsense. 

Mereka menghasilkan 162 ribu dollar AS atau Rp2,3 miliar setahun dari Youtube. Uang hasil adsense Youtube itu bisa digunakan untuk membiayai operasional klub atau justru utang mereka yang menggunung. FK Senica dikabarkan terbelit utang hingga 1 juta euro (Rp15,7 miliar). 

Meski begitu, Direktur FK Senica, David Balda, mengakui utang klub telah sedikit berkurang saat  “Utang sedikit berkurang, kami telah menyelesaikan beberapa hal,” ujar Balda, dilansir dari News Beezer, Selasa (8/3/2022). 

Klub diharapkan dapat segera melunasi kewajibannya agar tidak mengganggu konsentrasi tim. Adapun uang dari hasil Youtube bisa digunakan untuk membayar utang itu.  

Keuntungan ini tampaknya menjadi win-win solution bagi kedua pihak. Egy-Witan mendapatkan pengalaman dan jam terbang di Eropa, sedangkan FK Senica mendapatkan manfaat secara finansial berkat kedatangan Egy dan Witan.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut