get app
inews
Aa Read Next : Fantastis, Gaji Kepala Otorita IKN Nusantara Rp172 Juta per Bulan, Dana Operasional Rp178 Juta

Kendi Nusantara Diisi Tanah dan Air dari Kutai Lama dan Kesultanan Paser

Sabtu, 12 Maret 2022 | 08:24 WIB
header img
Ilustrasi IKN Nusantara. (foto: ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pemprov Kaltim akan menyerahkan tanah dan air dari Kesultanan Kutai Kartanegara dan Kesultanan Paser untuk mengisi Kendi Nusantara pada perkemahan yang digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Presiden Joko Widodo.

Tanah dan air tersebut akan diberikan Kabupaten Paser sebagai perwakilan Kesultanan Paser.

“Proses pengambilan tanah dilakukan Pemkab Paser. Bahkan, pengambilan tanah juga telah dikoordinasikan oleh Pemkab Paser melalui Bagian Administrasi Pimpinan Sekretariat Kabupaten Paser,” ucap Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim M Syafranuddin, Jumat (11/3/2022).

Sebelumnya, Pemprov Kaltim juga menyatakan akan mengambil air dan tanah di Kutai Lama Kecamatan Anggana Kutai Kartanegara, untuk mengisi prosesi pengisian Kendi Nusantara di lokasi IKN. Alasannya, wilayah tersebut merupakan tonggak berdirinya Kesultanan Kutai Kartanegara.

Pria yang akrab disapa Ivan itu menambahkan, setelah pengambilan tanah selanjutnya akan diserahkan kepada Gubernur Kaltim Isran Noor di Balikpapan, sebelum dilakukan pengisian tanah dan air bersama 33 Gubernur se Indonesia di IKN.

Artinya, selain tanah dari Kesultanan Kutai Kartanegara, Pemprov Kaltim akan mengisi Kendi Nusantara dengan tanah dari Kesultanan Paser. Di mana, diketahui IKN, selain masuk wilayah Kesultanan Kutai juga termasuk daerah kekuasaan Kesultanan Paser.

“Tanah akan diserahkan langsung kepada Gubernur Isran Noor oleh Pemkab Paser. Artinya, tanah dan air dari Kutai Lama sebagai perwakilan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura akan disatukan dengan tanah dari Kesultanan Paser,” pungkasnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut