get app
inews
Aa Read Next : Terungkap, Ini Alasan Isran Noor Mundur dari Jabatan Ketua DPW Nasdem Kaltim

Isran Gubernur Terakhir Serahkan Tanah serta Air dari Kutai Lama dan Paser untuk Kendi Nusantara

Senin, 14 Maret 2022 | 09:40 WIB
header img
Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan tanah dan air kepada Presiden Joko Widodo. (foto: ist)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Gubernur Kaltim Isran Noor menjadi yang terakhir menyerahkan air dan tanah kepada Presiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022).

Isran menyerahkan tanah dan air yang diambil dari Kutai Lama di Kecamatan Anggana serta dari Paser. Penyatuan ini sebagai wujud dukungan Kerajaan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Kesultanan Paser untuk pembangunan IKN Nusantara.

Kutai Lama merupakan tonggak awal berdirinya Kerajaan Kutai Kartanegara. Dalam catatan sejarah, kawasan Kutai Lama menjadi pusat Kesultanan Kutai Kertanegara selama 4 abad sejak tahun 1300 sebelum berpindah ke Jembayan dan terakhir di Tenggarong.

Selain itu, Kesultanan Kutai Kartanegara, sebelum melakukan Erau terlebih dulu mengambil air dari Sungai Kutai Lama, kemudian dibawa ke Keraton untuk digunakan dalam berbagai prosesi Erau.

“Ritual Ngalak Air mengandung pesan filosofis agar selalu mengingat asal-muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang diwariskan,"jelas Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Kaltim M Syafranuddin.

Sementara, tanah dan air dari Paser dilakukan karena IKN masuk dalam kawasan Kesultanan Paser.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut